Sebaiknya Tidak Menggunakan AC Portabel di Rumah, Ini Alasannya

Sebaiknya Tidak Menggunakan AC Portabel di Rumah, Ini Alasannya

--

Beberapa AC portabel memiliki risiko kebakaran yang lebih tinggi daripada unit AC terpasang karena penggunaan kabel ekstensi atau gangguan lain dalam sistem listrik rumah tangga. Penggunaan yang tidak tepat atau kegagalan peralatan juga dapat meningkatkan risiko kebakaran atau kecelakaan lainnya.

7. Dampak Lingkungan yang Buruk

Penggunaan AC portabel dapat meningkatkan jejak karbon rumah tangga Anda. Mereka sering kali menggunakan refrigeran yang berpotensi merusak lapisan ozon jika bocor atau dibuang dengan tidak benar. Selain itu, konsumsi energi yang tinggi dari AC portabel juga dapat berkontribusi pada emisi karbon dan pemanasan global.

8. Keterbatasan Desain dan Penempatan

BACA JUGA:10 Persiapan untuk Merayakan Hari Lebaran dengan Meriah

AC portabel memiliki desain yang cenderung kaku dan memakan ruang, terutama dengan adanya selang pembuangan udara yang harus ditempatkan melalui jendela atau pintu. Ini dapat mengganggu tata letak ruangan dan membatasi fleksibilitas dalam penempatan furnitur atau dekorasi.

Meskipun AC portabel mungkin tampak sebagai solusi yang mudah dan nyaman untuk pendinginan ruangan, ada banyak alasan untuk mempertimbangkan alternatif lain. Unit AC terpasang cenderung lebih efisien secara energi, memiliki kinerja pendinginan yang lebih baik, dan memerlukan pemeliharaan yang lebih sedikit daripada AC portabel.

Selain itu, mereka juga cenderung lebih aman, lebih ramah lingkungan, dan lebih cocok untuk integrasi dengan desain interior rumah Anda. Sebelum memutuskan untuk menggunakan AC portabel, pertimbangkan baik-baik manfaat dan risikonya, serta pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional HVAC untuk rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber: