Puncak Arus Mudik 47 Ribu Penumpang, KAI Daop I Catat Rekor Penggunaan Kereta Api

Puncak Arus Mudik 47 Ribu Penumpang, KAI Daop I Catat Rekor Penggunaan Kereta Api

--

SILAMPARITV.CO.ID - Jakarta, 14 April 2024 - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) I mencatat rekor penggunaan kereta api pada hari ini, Minggu (14/4). Sebanyak 47.317 penumpang memilih kereta api sebagai sarana transportasi utama mereka untuk menuju Jakarta, demikian disampaikan oleh Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko.

Menurut data yang dirilis, hari ini menjadi puncak arus balik/kedatangan penumpang menuju Jakarta. Dari total tersebut, sebanyak 15.200 penumpang turun di Stasiun Gambir. Sementara itu, sekitar 18 ribu penumpang turun di Pasar Senen, 6.000 di Bekasi, dan sisanya turun di Stasiun Jatinegara, Cikampek, Karawang, Cikarang, dan Jakarta Kota.

BACA JUGA:Mendiang Farah Anak SMP Asal Palembang Yang Dibunuh Bersama Ibu oleh Anak Buah Suami Korban

Ixfan menjelaskan bahwa arus balik diprediksi berlangsung mulai tanggal 13 hingga 17 April 2024. Dalam rentang tersebut, diproyeksikan terdapat antara 40 hingga 47 ribu penumpang per hari yang menuju Jakarta.

Sebelumnya, sejak dimulainya masa angkutan Lebaran dari tanggal 31 Maret 2024 hingga 13 April 2024, KAI Daop 1 Jakarta telah melayani lebih dari 582 ribu penumpang dengan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

BACA JUGA:Hari Kartini Sebentar Lagi, Berikut Rekomendasi Ucapan untuk Berbagai Acara

Pantauan pada hari ini menunjukkan bahwa tiket KAJJ untuk keberangkatan dari wilayah Daop 1 Jakarta telah terjual sebanyak 733.222 tiket. Meskipun angka ini masih berubah karena penjualan tiket masih berlangsung.

"Sementara untuk tiket mudik balik dari Jakarta masih tersedia. Ketersediaan tempat duduk per tanggal 14 April 2024 mencapai 163.558 kursi, atau rata-rata 23 ribu kursi per hari," kata Ixfan.

BACA JUGA:Biarpun Ada Peluang, Inilah Empat Alasan Utama Trisko Defriansa Tidak Ikut Kontestasi Pilwako Lubuklinggau

Puncak arus mudik selama masa angkutan Lebaran tercatat pada tanggal 8 April 2024 yang melayani sebanyak 47.852 penumpang.

Berdasarkan data pada hari ini, 14 April 2024, terdapat sekitar 35 ribu penumpang dengan 79 perjalanan KAJJ yang akan dan telah meninggalkan Jakarta.

"Sebagian besar penumpang memiliki tujuan ke kota-kota favorit seperti Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Kutoarjo, Semarang, dan Purwokerto," ungkapnya.

BACA JUGA:Ketahui 10 HP dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Dengan angka penggunaan kereta api yang terus meningkat, KAI Daop 1 Jakarta terus memperbaiki layanan dan kenyamanan bagi para penumpang. Ketersediaan tempat duduk yang masih melimpah diharapkan dapat memudahkan para calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan ke berbagai destinasi selama musim mudik ini.

Sumber: