6 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Lebih Saat Hari Libur Lebaran

6  Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Lebih Saat Hari Libur Lebaran

--

SIAMPARITV.CO.ID - Setelah menikmati hidangan khas Lebaran seperti opor, rendang, dan gulai, penting untuk memperhatikan kadar kolesterol tubuh. 

Ada beberapa ramuan alami yang telah terbukti secara turun temurun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tanpa harus mengandalkan obat-obatan.

BACA JUGA:Mengulik Spesifikasi dan Fitur Unggulan Ponsel Infinix Hot 12 Play

1. Susu kedelai merupakan pilihan yang baik bagi individu yang memperhatikan kadar kolesterol. Satu cangkir susu kedelai hanya mengandung 80 kalori dan 2 gram lemak, karena sumber susu ini berasal dari tumbuhan, dapat membantu mengelola kadar kolesterol. 

Food and Drug Administration (FDA) AS merekomendasikan konsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak dan kolesterol untuk mengurangi risiko penyakit jantung. 

BACA JUGA:Seberapa Sering Jeans Harus Dicuci Agar Tidak Mudah Rusak? Cek di Sini!

Disarankan untuk mengkonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dengan minimal proses dan tanpa tambahan gula, garam, atau lemak.

2. Susu oat mengandung oat beta-glukan yang bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Sebuah tinjauan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa minuman oat, termasuk susu oat, membantu mengurangi kolesterol secara lebih konsisten daripada produk oat semi-padat atau padat. 

BACA JUGA:22 Contoh Status Lucu untuk WhatsApp, Dijamin Bikin Ngakak

Satu gelas (250 ml) susu oat bisa memberikan sekitar 1 gram beta-glukan. Susu oat, terutama yang tidak manis, bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk pencegahan dan penanganan kolesterol tinggi, sambil juga menyediakan protein yang baik untuk kesehatan.

3.Jus tomat mengandung senyawa likopen yang melimpah, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kolesterol jahat. Penelitian menunjukkan bahwa pengolahan tomat menjadi jus dapat meningkatkan konsentrasi likopen. 

BACA JUGA:ASN (Lubuklinggau) Jangan Coba – Coba Menambah Waktu Libur Lebaran Jika Tak Mau Mendapat Sanksi

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 280 ml jus tomat setiap hari selama dua bulan berhasil mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Sumber: