BREAKING NEWS ! Gunung Ruang Berubah Status Menjadi WASPADA

BREAKING NEWS ! Gunung Ruang Berubah Status Menjadi WASPADA

Erupsi Gunung Ruang--

SILAMPARITV.CO.ID - Abdul Muhari, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menyatakan bahwa penduduk Pulau Tagulandang yang berada dalam radius 6 kilometer dari Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, telah melakukan evakuasi mandiri.

"Dalam situasi malam ini, tantangan terbesar kami adalah mengamankan evakuasi penduduk," ujarnya dalam konferensi pers daring pada Rabu malam, 17 April 2024.

BACA JUGA:Pria di Musirawas Tewas Pasca Digerebek Polisi, Keluarganya Tak Percaya Jika Korban Melawan Petugas

Status waspada mengharuskan penduduk untuk meninggalkan wilayah dengan jarak 6 kilometer dari Gunung Ruang. Abdul menyebutkan bahwa penduduk yang dievakuasi sedang menuju daerah perbukitan dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan bermotor ke arah timur, timur laut, dan utara, untuk menjauhi daerah yang terkena hujan batu pijar yang masih terjadi.

"Dari laporan langsung penduduk kepada kami di BNPB, bahkan di radius 6 kilometer masih terjadi hujan batu pijar berukuran besar yang mencapai permukiman penduduk," tambahnya.

BACA JUGA:Meningkat Hingga 76 Persen, Lebih dari 1,4 Juta Kendaraan Melintasi Tol Trans Sumatera

Demi mengantisipasi situasi mendesak, BNPB menyarankan penduduk untuk menggunakan masker sederhana atau sapu tangan. Lantamal telah menyediakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk proses evakuasi.

Abdul menyatakan bahwa BPBD belum dapat melakukan evakuasi langsung karena kondisi malam. BNPB berencana untuk melakukan pendataan secara detail pada pagi hari.

BACA JUGA:Sempat Baku Tembak Dengan Petugas, Otak Pelaku Komplotan Curas Tewas Ditembak

Hingga Rabu siang, BNPB telah berhasil mengevakuasi sebanyak 828 orang dari Pulau Gunung Ruang ke Pulau Tagulandang. Namun, proses evakuasi masih akan terus dilakukan mengingat sepertiga Pulau Tagulandang masih berada dalam radius 6 kilometer yang harus dikosongkan setelah status Gunung Ruang ditingkatkan menjadi waspada.

"Menurut perkiraan sementara kami, terdapat sekitar 1.585 orang di dalam radius 2,5 kilometer yang harus segera dievakuasi dari daerah berisiko tinggi ini," paparnya.

BACA JUGA:Petugas Polres Musi Rawas TerpaksaMelepaskan Tembakan Saat Menangkap, DPO Spesialis Curas Bersenjata Rakitan

Untuk total keseluruhan penduduk yang harus dievakuasi dari radius 6 kilometer puncak Gunung Ruang, perkiraan sementara mencapai sekitar 11.615 orang. BNPB juga akan menyediakan kebutuhan dasar seperti tenda, makanan, dan perlengkapan lainnya bagi penduduk yang dievakuasi.

BACA JUGA:Kesedihan yang Tak Terbendung, Inilah Ungkapan Hati Ibu Korban Tragedi Rekontruksi di OKU Timur

Sumber: