Meta Rilis Lisensi Horizon OS untuk Produsen Lain, Membuka Era Baru dalam Realitas Campuran

Meta Rilis Lisensi Horizon OS untuk Produsen Lain, Membuka Era Baru dalam Realitas Campuran

Meta Rilis Lisensi Horizon OS untuk Produsen Lain, Membuka Era Baru dalam Realitas Campuran--

SILAMPARITV.CO.IDMeta mengumumkan bahwa mereka akan melepas lisensi Horizon OS, sistem operasi yang digunakan pada headset mixed reality Quest, untuk digunakan oleh produsen lain. Langkah ini mengubah Meta menjadi entitas yang mirip dengan Microsoft untuk PC.

Horizon OS akan tersedia untuk produsen headset mixed reality lain seperti Lenovo dan Asus. Selain itu, Meta juga merilis Quest khusus untuk gaming yang dapat diintegrasikan dengan Xbox.

Tidak hanya itu, mereka juga mendorong pengembangan app store pihak ketiga untuk sistem operasinya, meningkatkan ketersediaan dan variasi aplikasi. Bahkan, Meta mengajak Google untuk membawa Play Store ke dalam OS tersebut.

Meta juga sedang mengembangkan sebuah framework khusus agar pengembang dapat dengan mudah memporting aplikasi mobile mereka ke Horizon OS, seperti yang dilaporkan oleh detikINET dari The Verge pada Rabu.

BACA JUGA:Cek Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab S6 Lite di Indonesia

Tidak ketinggalan, Meta juga menyertakan platform "media sosial" di dalam Horizon OS. Dengan begitu, produsen yang menggunakan OS ini pada headset mereka juga akan membantu dalam penyebaran media sosial metaverse, yang nantinya akan dimonetisasi melalui iklan oleh Meta.

Meskipun Meta belum banyak mengungkapkan persyaratan lisensi Horizon OS, mereka menegaskan bahwa produsen wajib menyertakan media sosial metaverse dan menggunakan chip Qualcomm.

"Bayangkan saja, sebuah headset ringan yang bisa dipasangkan dengan komputer di meja Anda, memberikan pengalaman kerja terbaik di rumah atau di mana pun Anda berada," kata CEO Meta, Mark Zuckerberg, dalam video yang diunggahnya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Kehabisan, Begini Cara Pembelian Tiket Proliga di PLN Mobile Cepat dan Mudah

"Atau Anda bisa membayangkan menikmati hiburan yang imersif seperti film dan video dengan layar OLED yang memiliki resolusi tertinggi," tambahnya.

Hingga saat ini, belum ada komentar dari Asus, Lenovo, atau Xbox mengenai rilis Horizon OS ini.

Perilisan ini merupakan bagian dari rencana besar Meta, yang ingin menciptakan platform yang lebih terbuka daripada Apple. Dengan rilis ini, Horizon OS menempati posisi yang serupa dengan Android dibandingkan dengan Vision Pro buatan Apple.

Sumber: