10 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

10 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

10 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri--freepik

Angina pektoris adalah nyeri dada yang terjadi ketika jantung tidak mendapatkan cukup darah beroksigen. Ini bisa dipicu oleh aktivitas fisik atau stres emosional dan biasanya mereda dengan istirahat atau penggunaan nitrogliserin.

5. Pleuritis

BACA JUGA:Penyakit Kucing yang Dapat Menular pada Manusia

Pleuritis adalah peradangan pada selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada (pleura).

Ini bisa menyebabkan nyeri dada tajam di sebelah kiri yang memburuk dengan bernapas dalam, batuk, atau bersin.

6. Penyakit Refluks Gastroesofagus (GERD)

GERD terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus, menyebabkan sensasi terbakar di dada. Nyeri dada sebelah kiri akibat GERD sering kali terjadi setelah makan atau saat berbaring dan bisa disertai dengan rasa asam di mulut.

BACA JUGA:Memahami Tanda-tanda Tubuh Ketika Kelebihan Gula

7. Kostokondritis

Kostokondritis adalah peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada. Ini bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri yang memburuk saat ditekan atau dengan gerakan tertentu.

8. Pneumotoraks

Pneumotoraks terjadi ketika udara masuk ke ruang antara paru-paru dan dinding dada, menyebabkan paru-paru kolaps sebagian atau sepenuhnya. Ini bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri yang tajam, sesak napas, dan takikardia.

9. Pankreatitis

BACA JUGA:Mengenal Buah Matoa yang Unik dan Manfaatnya

Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas yang bisa menyebabkan nyeri perut bagian atas yang menjalar ke dada sebelah kiri. Nyeri ini bisa diperburuk dengan makan dan disertai mual, muntah, dan demam.

Sumber: