Latihan Soal Tes Akhir Modul (TAM) Profesional PAI PPG Kemenag 2025, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Latihan Soal Tes Akhir Modul (TAM) Profesional PAI PPG Kemenag 2025, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Latihan Soal Tes Akhir Modul (TAM) Profesional PAI PPG Kemenag 2025, Lengkap dengan Kunci Jawaban--ist

SILAMPARITV.CO.ID - Bagi para peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan tahun 2025, khususnya pada bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag), kini telah tersedia latihan soal Tes Akhir Modul (TAM) Profesional PAI yang dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri menjelang pelaksanaan ujian.

 

Latihan soal ini disusun berdasarkan struktur modul dan materi resmi PPG Transformasi Kemenag 2025, sehingga sangat relevan untuk dipelajari. Soal-soal yang disajikan mencakup berbagai aspek penting dalam kompetensi profesional guru PAI, mulai dari penguasaan materi keagamaan, pedagogik, hingga kemampuan integratif dalam proses pembelajaran.

BACA JUGA:Soal SumatifPJOK Kelas 4 SD Semester 2: Simak Contoh Soal dan Kunci Jawaban Sesuai Kurikulum Merdeka

BACA JUGA:Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka 2025 Lengkap dengan Kunci Jawaban

1. Bu Aisyah mengajar bahasa Indonesia di madrasah ibtidaiah. Bu Aisyah mengajar dengan pembelajaran berbasis video debat. Cara yang dilakukan Bu Aisyah untuk memastikan semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran adalah ...

 

 

A. Menugaskan hanya beberapa siswa untuk berbicara dalam debat lanjutan

 

B. Mengarahkan siswa untuk hanya menonton tanpa diskusi selanjutnya

 

C. Memberikan tugas individu tanpa interaksi dengan teman sebayanya

 

D. Memberikan video debat tanpa instruksi tugas tambahan

 

E. Membagi siswa dalam kelompok kecil dan meminta untuk mendiskusikan sudut pandang yang berbeda

 

 

 

Jawaban : E. Membagi siswa dalam kelompok kecil dan meminta untuk mendiskusikan sudut pandang yang berbeda

 

2. Jika tujuan pembelajaran adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis cerita pendek, materi yang paling sesuai adalah ...

 

A. Struktur cerita

 

B. Teks cerita pendek

 

C. Penjelasan teori menulis cerita pendek

 

D. Contoh cerita pendek dan latihan membuat cerita sendiri

 

 

 

E. Unsur cerita pendek

 

Jawaban : D. Contoh cerita pendek dan latihan membuat cerita sendiri

BACA JUGA:Yuk, Pelajari Jawaban Post Test Modul Siklus Pendampingan! Ini Metode Tepat untuk Kepala Sekolah Baru

BACA JUGA: Ini 18 Soal PTS PAI Kelas 3 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka 2025 Lengkap dengan Kunci Jawaban

 

3. Perhatikan penggalan cerita berikut!

 

 

 

Mama menepuk dahinya. "Ah, iya! Besok pertemuan orang tua murid di sekolahmu.

Bagaimana, nih?", "Tenang!" ujar Tante Joya geli. "ini kesempatan jadi orang tua murid paling populer di sekolah!"

 

Sampai malam Mama masih kebingungan. "Aduh, mama sok tahu, sih! Tadi mama ditanya, ingin menjepit bulu mata sendiri atau dijepitkan. Mama menjepit sendiri. Jadi, kacau begini, deh!" Baru sekali ini mama mengeriting bulu mata, tapi malah sok tahu begitu. Lisda memandang mama yang masih kebingungan. "Yaaah, ... ngaak apa-apa sekali-kali tampil beda. Siapa tahu bisa jadi model, keriting abad ini," ledek Lisda sambil tertawa, lalu pergi.

 

Tokoh dalam penggalan cerita diatas adalah ...

 

A. Mama, ayah, dan Lisda

 

B. Mama, Lisda dan tante Joya

 

 

 

C. Ayah, tante Joya,, dan Lisda

 

D. Mama, Joya dan Lisda

 

E. Mama, Joya dan tante Lisda

 

Jawaban : B. Mama, Lisda dan tante Joya

 

4. Seorang guru ingin mengajarkan unsur intrinsik puisi dengan metode yang inovatif. la menampilkan penggalan puisi di layar proyektor dan meminta siswa menganalisis maknanya. Agar pembelajaran berkesinambungan, langkah terbaik yang bisa dilakukan guru setelahnya adalah ...

BACA JUGA:Segera Beroperasi! Tol Junction Palembang Terhubung ke Indralaya dan Kayu Agung, Berikut Besaran Tarifnya

BACA JUGA:Jangan Nonton Komang di Rebahin, Ini Bahaya Mengintai Saat Nonton Film Komang di Rebahin

 

A. meminta siswa menulis puisi dengan tema bebas tanpa membahas kembali unsur intrinsik

 

 

 

B. menggunakan aplikasi interaktif untuk menghubungkan unsur intrinsik puisi lama dengan puisi modern di media sosial

 

C. memberikan tugas mencatat dan menghafal pengertian unsur intrinsic puisi tanpa diskusi

 

D. meminta siswa membaca puisi tanpa refleksi atau analisis

 

 

 

E. mengganti tema puisi tanpa mempertimbangkan unsur intrinsic

 

Jawaban : B. menggunakan aplikasi interaktif untuk menghubungkan unsur intrinsik puisi lama dengan puisi modern di media sosial

 

5. Seorang guru saat mengajar Bahasa Indonesia di madrasah ibtidaiyah menggunakan video interaktif dalam menyimak informasi. Model evaluasi yang paling sesuai untuk mengukur pemahaman siswa terhadap informasi video dengan tetap mempertahankan interaktivitas pembelajaran adalah ....

 

A. tes tertulis berbentuk pilihan ganda untuk mengukur daya ingat siswa

 

B. observasi sikap siswa selama menonton video

 

 

 

C. kuis berbasis game interaktif dengan pertanyaan reflektif setelah menonton video

 

D. lembar kerja siswa yang menguji pemahaman melalui ringkasan teks

 

E. tes uraian dengan pertanyaan langsung mengenai isi video

 

Jawaban : C. kuis berbasis game interaktif dengan pertanyaan reflektif setelah menonton video

BACA JUGA:Evaluasi Timnas Indonesia U17 Pasca Kekalahan Telak 6-0 dari Korea Utara: Pelajaran Penting untuk Coach Nova A

BACA JUGA:Pelunasan Biaya Haji Ditutup 17 April 2025, Sudah 205.690 Jemaah Haji Reguler Lunasi Bipih

 

6. Salah satu tugas DPR dalam fungsi pengawasan adalah ...

 

A. mengawasi pelaksanaan undang-undang yang telah dibuat dan disahkan

 

 

 

B. menilai kebijakan presiden dan memutuskan apakah presiden harus mundur atau tidak

 

C. menggantikan tugas Mahkamah Agung dalam memutuskan perkara hukum

 

D. menyusun program pembangunan daerah tanpa melibatkan pemerintah daerah

 

 

 

E. memimpin sidang kabinet untuk membahas kebijakan nasional

 

Jawaban : A. mengawasi pelaksanaan undang-undang yang telah dibuat dan disahkan

 

7. Seorang guru madrasah ibtidaiyah akan mengajarkan materi peran Indonesia di ASEAN bebasis teknologi digital. Dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran berbasis proyek melalui infografis digital, aspek-aspek berikut perlu diperhatikan, kecuali ....

 

A. pemilihan platform atau aplikasi digital yang sesuai untuk membuat infografis

 

B. kesesuaian konten infografis dengan tujuan pembelajaran dan tingkat pemahaman siswa

 

 

 

C. keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi digital untuk membuat infografis

 

D. ketepatan data dan informasi yang ditampilkan dalam infografis terkait peran Indonesia di ASEAN

 

E. kecepatan penyelesaian proyek tanpa memperhatikan kualitas infografis yang dibuat

 

Jawaban : E. kecepatan penyelesaian proyek tanpa memperhatikan kualitas infografis yang dibuat

 

8. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila penting untuk dilaksanakan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Berikut ini yang termasuk pada nilai-nilai Pancasila sila ketiga adalah...

BACA JUGA:Stop Menonton di Rebahin! Ini 25 Layanan Streaming Film Legal dan Aman yang Bisa Kamu Coba

BACA JUGA:Tinggalkan Rebahin, LK21, dan IndoXXI! Yuk Nonton Film Gratis yang Legal dan Bebas Risiko

 

A. bertanggungjawab melaksanakan hasil keputusan musyawarah

 

B. mengutamakan kepentingan bersama

 

C. menolong saudara yang sedang kesulitan

 

D. berdoa sebelum beraktifitas

 

E. bersikap adil

 

Jawaban : B. mengutamakan kepentingan bersama

 

9. Salah satu tantangan dalam penggunaan video pembelajaran sebagai referensi utama dalam proyek kolaboratif adalah kurangnya keterlibatan aktif siswa. Cara-cara berikut yang tidak dapat mengatasi tantangan tersebut adalah ....

 

A. mengajak siswa untuk mendiskusikan isi video dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadi mereka

 

B. memberikan tugas berbasis eksplorasi di mana siswa harus menemukan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

 

C. memanfaatkan video sebagai pemantik diskusi sebelum siswa membuat proyek kolaboratif

 

D. meminta siswa menonton video kemudian membuat resume dari video secara individu

 

E. menggunakan video sebagai bagian dari aktivitas blended learning dengan kombinasi tugas praktik langsung

 

Jawaban : D. meminta siswa menonton video kemudian membuat resume dari video secara individu

 

10. Perhatikan pernyataan berikut.

(1) Semangat kebersamaan dalam keberagaman

(2) Hak, kewajiban, dan tanggung jawab warganegara

(3) Hak asasi manusia

(4) Konstitusi negara

(5) Kandungan moral Pancasila dalam lambang negara

 

Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk ruang lingkup materi PPKn di sekolah dasar adalah

 

A. (1), (2), (3), dan (5)

 

B. (1), (2), dan (5)

 

C. (2), (3), dan (4)

 

D. (1), (2), (3), (4), dan (5)

 

E. (2), (3), (4), dan (5)

 

Jawaban : B. (1), (2), dan (5)

BACA JUGA:Kumpulan Contoh Puisi Rohani Tentang Jumat Agung 2025

BACA JUGA:Wali Kota Lubuklinggau Kukuhkan Pengurus TP PKK, Tim Posyandu, dan GOW Periode 2025–2030

 

11. Organ-organ pada sistem pencernaan manusia dapat dibedakan menjadi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Berikut ini, organ-organ yang merupakan saluran pencernaan dan sekaligus kelenjar pencernaan adalah ...

 

A. usus halus dan hati

 

B. pankreas dan hati

 

C. lambung dan usus halus

 

D. pankreas dan usus halus

 

E. lambung dan hati

 

Jawaban : C. lambung dan usus halus

 

12. Perhatikan gambar di bawah ini!

Azka sedang mandi di kolam yang jernih, tiba-tiba Azka kaget melihat kakinya kelihatan lebih pendek dari yang sebenarnya. Kejadian yang dialami oleh Azka sebenarnya berhubungan

dengan sifat cahaya yaitu ....

 

A. cahaya dapat diuraikan

 

B. cahaya dapat dipantulkan

 

C. cahaya menembus benda bening

 

D. cahaya merambat lurus

 

E. cahaya dapat dibiaskan

 

Jawaban : E. cahaya dapat dibiaskan

 

13. Pada saat pembelajaran IPA, seorang guru memperlihatkan setrika listrik yang menyala dan menjadi panas setelah dihubungkan ke sumber listrik. Berdasarkan ilustrasi tersebut, perubahan energi yang terjadi adalah ....

 

A. energi kimia menjadi energi gerak

 

B. energi listrik menjadi energi gerak

 

C. energi kimia menjadi energi panas

 

D. energi gerak menjadi energi listrik

 

E. energi listrik menjadi energi panas

 

Jawaban : E. energi listrik menjadi energi panas

 

14. Perhatikan pernyataan berikut ini!

 

(1) Air menyesuaikan bentuk wadah yang baru.

(2) Volume air berubah mengikuti bentuk wadah.

(3) Air tetap memiliki volume yang sama meskipun bentuknya berubah.

(4) Air tidak memiliki bentuk tetap seperti benda padat.

(5) Air tidak dapat dipindahkan ke wadah lain.

 

Berdasarkan pernyataan di atas, peristiwa yang akan terjadi apabila seorang siswa menuangkan air ke dalam gelas berbentuk silinder kemudian memindahkannya ke dalam wadah berbentuk kubus adalah ....

 

A. (1), (2), (3), dan (4)

 

B. (2), (3), dan (4)

 

C. (1), (2), dan (4)

 

D. (1), (3), dan (4)

 

E. (2) dan (3)

 

Jawaban : D. (1), (3), dan (4)

BACA JUGA:Kumpulan Contoh Puisi Rohani Tentang Jumat Agung 2025

BACA JUGA:Wali Kota Lubuklinggau Kukuhkan Pengurus TP PKK, Tim Posyandu, dan GOW Periode 2025–2030

 

15. Perhatikan pernyataan berikut ini!

 

(1) Terjadinya perbedaan zona waktu antara wilayah satu dan lainnya.

(2) Adanya fenomena ekuinoks dan solstis setiap tahun.

(3) Perbedaan kadar oksigen di atmosfer yang berubah setiap hari.

(4) Pergeseran letak bintang di langit sepanjang tahun karena gerak semu tahunan matahari.

Tak Segampang Itu!!!

(5) Perubahan fase Bulan dalam satu bulan kalender.

 

Berdasarkan pernyataan di atas, yang merupakan dampak dari Gerakan bumi adalah ...

 

A. (2), (3), dan (5)

 

B. (1), (2), dan (4)

 

C. (3), (4), dan (5)

 

D. (1) dan (3)

 

E. (2), (3), (4), dan (5)

 

Jawaban : B. (1), (2), dan (4)

 

16. Salah satu fungsi keluarga adalah mengembangkan proses interaksi dalam keluarga. Hal tersebut merupakan fungsi sosial keluarga yaitu ...

 

A. fungsi afektif

 

B. fungsi perawatan kesehatan

 

C. fungsi ekonomi

 

D. fungsi reproduksi

 

E. fungsi sosialisasi

 

Jawaban : E. fungsi sosialisasi

 

17. Ruang lingkup dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai pembatas dalam menyampaikan materi pembelajaran. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempelajari, menelaah, dan mengkaji sistem kehidupan manusia di permukaan bumi ini dalam konteks sosialnya atau manusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan, politik, dan ekonomi merupakan ruang lingkup IPS ditinjau berdasarkan ...

 

A. ruang lingkup hubungan

 

B. lingkup interaksi

 

C. segi kelompok

 

D. sistem sosial

 

E. tingkatan

 

Jawaban : B. lingkup interaksi

 

18. Berikut ini yang merupakan tantangan dalam mengajarkan IPS di madrasah ibtidaiyah adalah ...

 

A. Meningkatkan minat siswa terhadap sejarah dan geografi.

 

B. Menyampaikan informasi faktual tanpa konteks.

 

C. Menjaga disiplin di kelas selama pembelajaran berlangsung.

 

D. Menerapkan metode pengajaran tradisional yang monoton

 

E. menghadirkan konsep-konsep kompleks dari ilmu sosial yang sulit dipahami oleh anak-anak.

 

Jawaban : E. menghadirkan konsep-konsep kompleks dari ilmu sosial yang sulit dipahami oleh anak-anak.

 

19. Di bawah ini yang merupakan peran individu dalam keluarga adalah ....

 

A. menyediakan dukungan emosional dan finansial

 

B. menetapkan kebijakan pemerintah

 

C. mengatur pertemuan masyarakat

 

D. mengawasi sekolah

 

E. memimpin organisasi nirlaba

 

Jawaban : A. menyediakan dukungan emosional dan finansial

 

20. Fungsi utama keluarga dalam pendidikan anak adalah ....

 

A. menyediakan hiburan dan rekreasi

 

B. mengatur pola makan dan tidur anak

 

C. menentukan karier masa depan anak

 

D. mengajarkan nilai-nilai dan norma sosial

 

E. mengelola keuangan keluarga

 

Jawaban : D. mengajarkan nilai-nilai dan norma sosial

 

21. Perhatikan gambar berikut!

 

Selembar kertas berbentuk persegi panjang dengan panjang 18 cm dan lebar 10 cm. Kita akan memotong kertas tersebut menjadi kertas kecil berbentuk persegi dengan sisinya 6 cm. Berapalembar kertas kecil yang paling banyak dapat dibuat?

 

A. 7

 

B. 6

 

C. 5

 

D. 4

 

E. 3

 

Jawaban : E. 3

 

22. Seorang guru ingin mengajarkan ciri-ciri bangun datar kepada siswa kelas 4 SD dengan menggunakan sumber belajar berbasis teknologi. Sumber belajar yang paling sesuai dengan perkembangan IPTEKS adalah ...

 

A. menggunakan buku teks yang berisi gambar macam-macam bangun datar

 

B. menggunakan aplikasi interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang memungkinkan siswa memvisualisasikan bangun datar secara konkret

 

C. menggunakan media gambar bangun datar yang ditempel di papan tulis

 

D. menggunakan benda konkret seperti buku dan kertas origami

 

E. menggunakan poster berisi gambar macam-macam bangun datar

 

Jawaban : B. menggunakan aplikasi interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang memungkinkan siswa memvisualisasikan bangun datar secara konkret

 

23. Perhatikan pernyataan berikut !

 

(1) Semua sisinya memiliki panjang yang sama.

(2) Memiliki dua pasang sudut yang berhadapan sama besar.

(3) Semua sudutnya merupakan sudut siku-siku.

(4) Salah satu diagonalnya lebih panjang daripada sisi lainnya.

(5) Kedua diagonalnya saling tegak lurus dan membagi sudut menjadi dua bagian yang sama.

 

Pernyataan yang benar mengenai belah ketupat adalah ....

BACA JUGA:Wujudkan Impian Warga 7 Kecamatan di Muba Terang Benderang Nikmati Listrik PLN

BACA JUGA:Dorong UMKM Go Global, BRI Bawa UMKM Binaan Ikuti Pameran Internasional FHA-Food & Beverage 2025 di Singapura

 

A. (1), (3), dan (4)

 

B. (2), (4), dan (5)

 

C. (1), (2), dan (5)

 

D. (1) dan (3)

 

E. (2), (3), (4), dan (5)

 

Jawaban : C. (1), (2), dan (5)

 

24. Koperasi sekolah menerima pemasok kebutuhan siswa.

Pemasok alat tulis datang setiap 6 hari. Pemasok makanan ringan datang setiap 8 hari.

Pemasok minuman datang setiap 12 hari.

Pada hari Senin 3 Januari 2022 untuk pertama kalinya pemasok alat tulis, makanan ringan, dan minuman datang bersamaan ke Koperasi sekolah.

Ketiga pemasok akan

datang bersamaan untuk yang kedua kalinya pada tanggal ....

 

A. Sabtu, 15 Januari 2022

 

B. Kamis, 15 Januari 2022

 

C. Jumat 21 Januari 2022

 

D. Senin, 27 Januari 2022

 

E. Kamis, 27 Januari 2022

 

Jawaban : D. Senin, 27 Januari 2022

 

25. Dalam mempelajari matematika, ditemukan beberapa hambata belajar (learning obstacle) yaitu hambatan ontogenik (ontogenic obstacle), hambatan didaktis (didactical obstacle), dan hambatan epistemologi (epistemological obstacle). Di bawah ini pernyataan yang sesuai dengan hambatan epistemologi (epistemological obstacle) adalah ...

 

A. kesiapan mental belajar siswa

 

B. hambatan yang disebabkan oleh cara mengajar guru

 

C. siswa dihadapkan dalam konteks yang berbeda dengan yang dipelajari sebelumnya karena pengetahuan yang terbatas

 

D. proses pembelajaran yang tidak sesuai dengan mental anak

 

E. hambatan yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan

 

Jawaban : C. siswa dihadapkan dalam konteks yang berbeda dengan yang dipelajari sebelumnya karena pengetahuan yang terbatas

 

26. Kegiatan pada pembelajaran tematik dikelompokkan menjadi pembukaan, inti, dan penutup. Berikut ini yang termasuk ilustrasi pada kegiatan penutup pembelajaran tematik adalah ...

 

A. Peserta didik bersama guru membahas tentang pengertian hidup rukun dan manfaat tolong-menolong dalam keluarga dan antar teman di sekolah

 

B. Peserta didik dengan bimbingan guru menuliskan unsur intrinsik suatu cerita pendek dengan kalimat sendiri

 

C. Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks

 

D. Guru memberi pujian bila jawaban peserta didik benar dan memberikan semangat atau nasehat bila peserta didik menjawab salah

 

E. Guru menegaskan kembali manfaat hidup rukun, saling tolong-menolong baik di rumah maupun di sekolah dan waktu yang ditunjukan jarum jam

 

Jawaban : E. Guru menegaskan kembali manfaat hidup rukun, saling tolong-menolong baik di rumah maupun di sekolah dan waktu yang ditunjukan jarum jam

BACA JUGA:Gowes Bareng Kapolda Sumsel dan Bupati Musi Rawas, Pererat Sinergi dan Gaya Hidup Sehat

BACA JUGA:MAN 2 Lubuklinggau Sukses Gelar Pelepasan Siswa Kelas XII Angkatan XXVIII dan Wisuda Tahfidz VII Th 2024/2025

 

27. Berikut ini yang bukan merupakan kriteria pemilihan tema adalah ...

 

A. Kontekstual, memperhatikan llingkungan terdekat peserta didik

 

B. Dari sulit ke mudah, abstrak ke konkret, kompleks ke sederhana

 

C. Memperhatikan usia, tahapan perkembangan, kemampuanm kebutuhan dan minat peserta didik

 

D. Menarik minat dan mendorong proses berfikir peserta didik

 

E. Mempertimbangkan peristiwa-peristiwa otentik yang terhadi dalam rentang waktu belajar

 

Jawaban : B. Dari sulit ke mudah, abstrak ke konkret, kompleks ke sederhana

 

28. Perhatikan pernyataan berikut !

 

(1) Membuat simulasi kerja sama keluarga dalam menyelesaikan tugas rumah tangga

(2) Mengadakan diskusi kelompok tentang manfaat kerja sama keluarga

(3) Memberikan tugas individu mengenai aktivitas keluargaku

(4) Menggunakan media gambar untuk menunjukkan kersa sama dalam keluarga

(5) Menyusun soal evaluasi tambahan tentang kegemaran anggota keluarga

 

Hasil evaluasi tema "keluargaku" menunjukkan siswa mengalami kesulitan memahami pentingnya kerja sama antar anggota keluarga.

 

Berdasarkan pernyataan di atas, hal yang sebaiknya dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran adalah ...

 

A. (1), (2) dan (4)

 

B. (3) dan (5)

 

C. (1), (2), (3), (4) dan (5)

 

D. (2), (3) dan (5)

 

E. (1), (3) dan (5)

 

Jawaban : A. (1), (2) dan (4)

 

29. Pelaksanaan pendekatan pembelajaran terpadu bertolak dari suatu topik atau tema yang dipilih dan dikembangkan oleh guru bersama-sama dengan anak. Terdaat beberapa karakteristik pembelajaran terpadu yang membedakan dengan pembelajaran konvensional.

 

Pernyataan yang tidak sesuai adalah ...

 

A. Pembelajaran terpadu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa

 

B. Hasil pembelajaran terpadu dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa

 

C. Pembelajaran terpadu menyajikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran

 

D. Pembelajaran terpadu bersifat fleksibel karena dapat mengaitkan suatu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya, namun sulit dikaitkan dengan kehidupan siswa

 

Jawaban : D. Pembelajaran terpadu bersifat fleksibel karena dapat mengaitkan suatu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya, namun sulit dikaitkan dengan kehidupan siswa

 

30. Perhatikan pernyataan berikut :

 

(1) Mengomunikasikan

(2) Menganalisis

(3) Mengasosiasi

(4) Menanya

(5) Mengaplikasikan

(6) Mengumpulkan informasi

(7) Mengamati

(8) Memahami

 

Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk pada 5M saintifik adalah ...

 

A. (1), (2), (3), (4) dan (5)

 

B. (1), (2), (4), (5) dan (6)

 

<span style="font-family: 'times new roman', times; font-size: 12pt;

Sumber: