Kunci Jawaban Post Test Modul Semangat Guru 2: Konseling Siswa dan Strategi Mengatasi Hambatan Belajar

Kunci Jawaban Post Test Modul Semangat Guru 2: Konseling Siswa dan Strategi Mengatasi Hambatan Belajar

Kunci Jawaban Post Test Modul Semangat Guru 2: Konseling Siswa dan Strategi Mengatasi Hambatan Belajar--ist

SILAMPARITV.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik di era Kurikulum Merdeka, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) melalui laman resmi guru.kemdikbud.go.id menyediakan berbagai modul pelatihan, termasuk Modul Topik Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis.

Salah satu fokus utama dalam modul ini adalah keterampilan berpikir kritis dan penyelesaian masalah, khususnya dalam konteks mendampingi peserta didik yang menghadapi kesulitan belajar. Salah satu contoh kasus yang diangkat dalam post test modul ini adalah ketika seorang peserta didik mendatangi guru Bimbingan Konseling (BK) untuk membicarakan hambatan yang dialaminya dalam proses pembelajaran.

Modul Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah

BACA JUGA:7 Masalah Pendidikan Dasar yang Masih Menghantui Indonesia hingga Kini

BACA JUGA:Jadwal dan Agenda Presiden RI Prabowo Subianto Kunjungi Sumsel

Post Test

Soal 1

Seorang peserta didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling mengenai hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya lebih lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar peserta didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya giat atau terhambat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan pertama kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali ...

A. Apakah kamu merasa lebih paham ketika teori-teori yang diajarkan dapat diuji langsung di laboratorium?

B. Apakah kamu belajar dengan baik jika memiliki teman untuk mendiskusikan materi pelajaran bersama?

C. Apakah kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?

D. Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?

Jawaban: D. Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?

Soal 2

BACA JUGA:Hari ini 23 April 2025, Presiden Prabowo Subianto Kunjungi Banyuasin dan Palembang Tinjau Tanam Padi Apung

BACA JUGA:Hari Ini, Pemegang Saham BBRI Panen Dividen Final Senilai Rp31,4 Triliun

Langkah problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan ...

A. Menggagas alternatif solusi

B. Menimbang alternatif solusi

C. Mengimplementasi solusi

D. Mengevaluasi solusi

Jawaban: A. Menggagas alternatif solusi.

Seorang guru sejarah sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba untuk merancang pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang diceritakan dari sisi para perwira militer. Kemudian, beliau juga menampilkan sebuah video wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap sebagai pendukung PKI. Berikutnya, guru tersebut pun membuka diskusi agar para peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda dari kedua sisi terhadap sebuah peristiwa yang sama.

Disiplin berpikir kritis yang sedang ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah ...

BACA JUGA:Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Halaman 180 Kurikulum Merdeka: Memahami Surat Undangan

BACA JUGA:Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 173 – Pembelajaran Tentang Kearifan Lokal (Kurikulum Merdeka 2021)

A. Pelan-pelan dan berefleksi

B. Terbuka terhadap sudut pandang lain

C. Antisipasi berbagai dampak

D. Bertanggung jawab terhadap keputusan

Jawaban: B. Terbuka terhadap sudut pandang lain.

Soal 4

Saat sedang melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam organel sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan antara organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan. Oleh karena itu, peserta didik tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan secara langsung kepada gurunya.

Peserta didik tersebut sudah dapat menunjukkan penerapan pertanyaan refleksi ...

A. Apa yang saya pelajari?

B. Apa yang saya sudah mengerti?

C. Apa yang saya belum mengerti?

D. Bagaimana supaya saya mengerti?

Jawaban: D. Bagaimana supaya saya mengerti?

BACA JUGA:Kiprah 5 (lima) Srikandi PLN UP3 Lubuklinggau, Pejuang Kelistrikan Tak Kenal Lelah

BACA JUGA:Manfaatkan Pendanaan Usaha dari BRI, Waroeng Tani Tetap Berjaya Hingga Lintas Generasi

Sumber:

Berita Terkait