Yamaha Nmax Turbo Sudah Tidak Memakai Roller, Begini Cara Kerjanya!

Selasa 18-06-2024,16:00 WIB
Reporter : Reza Aditya
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.ID - Yamaha Nmax terbaru telah resmi diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan fitur turbo.

Lantas, turbo seperti apa yang dipasang pada skutik jagoan besar Yamaha ini?

Antonius Widianthro, Asisten. General Manager Marketing & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan turbo NMAX bukanlah sistem intake paksa yang dapat meningkatkan tenaga mesin dari gas buang kendaraan.

Sebaliknya, performa mesin ditingkatkan dengan teknologi baru Yamaha Electric Continuously Variable Transmision (YECVT) untuk mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru.

BACA JUGA:Mitsubishi New Xpander Ultimate Manual 2024 Pilihan Ideal untuk Perjalanan Keluarga

NMAX Turbo mengembangkan tenaga maksimum 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimum 14,2 Nm / 6.500 rpm.

Performa mesin baru juga telah dioptimalkan dengan  teknologi canggih terkini: YECVT yang menggantikan sistem CVT tradisional atau rollerless.

Artinya fungsinya digantikan oleh komponen elektronik yang berkontribusi pada akselerasi lebih cepat dengan pengoperasian lebih fleksibel.

"YECVT adalah kuncinya. Pada CVT tradisional, fungsi roller yang menggerakkan puli primer biasa digantikan oleh motor penggerak sehingga kita dapat mengatur proses pergerakannya," Ujar Anton Widiantoro usai Peluncuran, dikutip dari kompas.com, Selasa 18 Juni 2024.

BACA JUGA:Motor Listrik Yamaha E01 Sudah diuji 5 Ribu Konsumen

"Jika roller konvensional menggunakan gaya sentrifugal, roller tersebut dapat dipaksa berputar lebih cepat. Kemudian seiring penggunaan, roller tersebut dapat menyusut dan perlu diganti. Dengan menggunakan motor penggerak ini Maka Anda tidak memerlukan roller dan prosesnya lebih cepat," lanjutnya.

Berkat teknologi tersebut, NMAX TURBO dibekali fungsi drive mode yang menawarkan dua mode berkendara: T mode (city drive) dan S mode (sport touring).

Kedua mode tersebut dioperasikan menggunakan tombol "Mode" di bagian depan stang  kiri.

Selain mode berkendara, terdapat fungsi lain bernama Y-shift, yang tombol kontrolnya terletak di bawah stang  kiri.

Ada tiga level: rendah (1), sedang (2), dan tinggi (3).

Kategori :