Resep Praktis Masak Sayur Genjer: Ini Rahasia Biar Hijau dan Lembut

Selasa 10-09-2024,14:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

BACA JUGA:Ternyata Begini Cara Buat Jajanan Telur Gulung, Rahasia Ngembang Saat Digoreng

Setelah direndam, rebus genjer selama kurang dari 1 menit di air mendidih yang sudah diberi sedikit garam. Setelah itu, angkat dan segera masukkan kembali ke air es untuk menghentikan proses pemasakan. Ini adalah rahasia utama agar genjer tetap hijau cerah dan tidak terlalu lembek.

Tumis Bumbu

Panaskan minyak goreng di wajan, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daun salam, lengkuas, cabai merah keriting, dan cabai rawit jika suka pedas. Tumis hingga bumbu layu dan tercium aroma harum yang sedap.

Masukkan Genjer dan Terasi

Setelah bumbu matang, masukkan genjer yang sudah direbus singkat tadi. Aduk rata dengan bumbu dan tambahkan terasi yang sudah disangrai. Terasi akan memberikan rasa gurih khas yang memperkaya cita rasa tumisan genjer.

BACA JUGA:Resep Almond Chocolate Truffle yang Nyoklat Banget, Cobain!

BACA JUGA:Begini Cara Bikin Rengginang Renyah dan Gurih, Bisa Jadi Cemilan Harian

Bumbui dan Masak Sebentar

Tambahkan garam, gula, dan air ke dalam wajan. Masak genjer selama 2-3 menit sambil sesekali diaduk. Pastikan genjer tidak terlalu lama dimasak agar tidak layu berlebihan dan tetap terasa renyah.

Sajikan

Angkat dan sajikan sayur genjer yang sudah matang. Genjer yang dimasak dengan teknik ini akan tetap hijau segar, lembut, dan penuh rasa.

Rahasia Tetap Hijau dan Lemes:

Rendam di Air Es: Sebelum dimasak, rendam genjer dalam air es agar tetap hijau segar.

BACA JUGA:Cara Buat Bubur Kacang Ijo dengan Santan Kental, Bisa Jadi Menu Sarapan

Rebus Sebentar: Rebus genjer kurang dari satu menit, kemudian langsung masukkan ke air es agar proses pemasakan berhenti.

Kategori :