Gerhana Bulan Sebagian pada 17-18 September: Catat Wilayah yang Dilewati!

Selasa 17-09-2024,13:42 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDPada tanggal 17 hingga 18 September, fenomena alam yang menakjubkan berupa gerhana bulan sebagian akan terjadi. 

Gerhana bulan adalah peristiwa astronomi di mana bumi berada di antara matahari dan bulan, sehingga bayangan bumi menutupi sebagian atau seluruh permukaan bulan. 

Kali ini, gerhana yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian, di mana hanya sebagian permukaan bulan yang akan tertutup oleh bayangan bumi, dilansir dari laman ASA Lunar Eclipse Guide 2024, Selasa (17/9).

Waktu dan Durasi Gerhana

BACA JUGA:5 Amalan Baik yang Bisa Menambah Pahala Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

BACA JUGA:Ini Dia Tanda Lolos dan Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024, Pendaftar Wajib Tahu!

Gerhana bulan sebagian ini diperkirakan akan berlangsung selama beberapa jam, dimulai pada malam 17 September dan berlanjut hingga dini hari 18 September 2024. 

Puncak gerhana akan terjadi pada sekitar tengah malam, dengan waktu spesifik bergantung pada lokasi geografis masing-masing wilayah. Fenomena ini bisa diamati di berbagai wilayah di dunia, termasuk Asia, Australia, sebagian Afrika, Eropa Timur, dan sebagian kecil wilayah Amerika Selatan.

Wilayah yang Bisa Menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian

Tidak semua wilayah di dunia dapat menyaksikan gerhana bulan ini. Beberapa wilayah utama yang beruntung dan bisa mengamati fenomena tersebut di antaranya:

BACA JUGA:PT Ajinomoto Gunakan Listrik Bersih PLN Sebesar 219 Ribu Unit REC Per Tahun Sebagai Upaya Kurangi Emisi Karbon

BACA JUGA:Dukung Ketahanan Pangan Nasional, PLN Luncurkan Inovasi Program Electrifying Agriculture

Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, dan negara-negara lain di kawasan ini dapat menyaksikan gerhana bulan sebagian ini dengan jelas, terutama pada tengah malam hingga dini hari.

Australia: Wilayah timur Australia akan menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan fenomena ini. Warga di sana bisa menyaksikan gerhana sejak awal hingga puncaknya pada malam hari.

Eropa Timur: Negara-negara di Eropa Timur, termasuk Rusia bagian barat dan beberapa bagian dari Turki, juga akan bisa mengamati gerhana bulan sebagian ini, terutama menjelang fajar.

Kategori :