Gerhana Bulan Sebagian pada 17-18 September: Catat Wilayah yang Dilewati!

Selasa 17-09-2024,13:42 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Afrika Timur dan Selatan: Beberapa bagian dari Afrika timur dan selatan, seperti Kenya, Tanzania, dan Afrika Selatan, juga akan berpeluang menyaksikan gerhana ini, meskipun hanya sebagian dari durasinya yang bisa terlihat di kawasan tersebut.

BACA JUGA:Siap Dukung Pengembangan Industri Data Center di Indonesia, PLN Sediakan Listrik Bersih

BACA JUGA:Ini Dia 8 Sate yang Dicicipi Ji Chang Wook Saat di Indonesia

Amerika Selatan: Sebagian kecil wilayah Amerika Selatan, terutama di bagian timur laut, akan melihat gerhana bulan pada fase akhir, tetapi tidak akan mengalami seluruh durasi fenomena ini.

Cara Mengamati Gerhana Bulan

Untuk menyaksikan gerhana bulan sebagian, tidak diperlukan alat khusus seperti teleskop, karena fenomena ini dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun, bagi yang ingin melihat lebih jelas, teleskop kecil atau teropong bisa digunakan. Lokasi yang terbebas dari polusi cahaya seperti di daerah pedesaan atau pegunungan akan menjadi tempat terbaik untuk menikmati pemandangan spektakuler ini.

Gerhana bulan sebagian merupakan salah satu dari sekian banyak fenomena astronomi yang patut dinantikan. Jadi, pastikan Anda mencatat tanggal 17 hingga 18 September dalam kalender dan jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan fenomena langka ini!

BACA JUGA:Pernah Dengar Hubungan Situationship? Kenali 5 Tandanya!

BACA JUGA:Agar Tidak Menyesal di Masa Tua, Hindari Melakukan 5 Hal Ini di Masa Muda

Kategori :