Olah Pare Seperti Ini, Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Jumat 20-09-2024,09:56 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

3. Jus Pare dengan Madu

Jus pare mungkin terdengar ekstrem bagi beberapa orang karena rasa pahitnya, namun ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

BACA JUGA:5 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Bantu Kesehatan Jantung

BACA JUGA:4 Cara Alami Pudarkan Area Lipatan yang Gelap, Wajib Tahu Girls!

Untuk mengurangi rasa pahit, Anda bisa mencampur pare dengan air lemon, madu, atau jus buah lainnya seperti apel atau wortel. Jus pare ini dipercaya dapat membantu membersihkan tubuh dari kolesterol jahat karena kandungan antioksidan dan seratnya yang tinggi.

4. Pare Rebus dengan Air Asam Jawa

Memasak pare dengan air asam jawa adalah cara lain yang cukup populer. Asam jawa dapat mengurangi rasa pahit pare sekaligus menambah cita rasa segar. Rebus pare yang telah diiris dengan air asam jawa, lalu konsumsi sebagai sup atau minuman hangat. Olahan ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol sekaligus memberikan sensasi rasa yang lebih enak.

BACA JUGA:Fakta atau Mitos: Makan Kacang Bisa Timbulkan Jerawat? Ini Kata Ahli Kesehatan!

BACA JUGA:Begini Cara Buat Kolagen Alami Hanya dengan Sayur dan Buah Agar Awet Muda

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research, pare mengandung senyawa charantin yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik untuk tubuh . Dengan mengonsumsi pare secara rutin dan mengolahnya dengan cara yang sehat, Anda dapat menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi pare dalam berbagai olahan seperti di atas adalah langkah mudah yang dapat Anda ambil untuk mendukung kesehatan jantung. Meski rasanya pahit, manfaatnya sangat sayang untuk dilewatkan!

 

Kategori :