Buka tutup CVT dengan menggunakan kunci yang sesuai.
Bersihkan kotoran yang menempel pada komponen CVT seperti roller dan pulley.
Jika perlu, tambahkan pelumas pada bagian yang bergerak untuk mengurangi gesekan yang bisa menyebabkan bunyi.
2. Ganti Roller CVT yang Aus
Roller CVT adalah salah satu komponen yang cepat aus karena fungsinya yang terus-menerus bergesekan saat motor berjalan. Jika roller sudah aus, suara berisik seperti getaran atau dengungan dapat terdengar dari CVT. Roller yang aus biasanya ditandai dengan bentuknya yang sudah tidak bulat sempurna lagi.
BACA JUGA:Kuota Subsidi Naik, Harga Motor Listrik Polytron Melejit
BACA JUGA:Ini Bedanya Mesin 3V dan i-GET pada Motor Vespa
Cara mengatasi:
Buka cover CVT dan periksa roller.
Jika roller sudah tidak bulat atau terkikis, segera ganti dengan roller baru.
Pastikan menggunakan roller dengan ukuran dan berat yang sesuai dengan standar motor matik Honda Anda.
3. Periksa Kondisi V-belt
V-belt adalah sabuk penggerak di dalam CVT yang juga bisa menyebabkan suara berisik jika kondisinya sudah mulai aus atau kendor. V-belt yang aus akan membuat perpindahan tenaga dari mesin ke roda belakang tidak optimal, dan menimbulkan suara mendecit atau berisik.
Langkah mengatasi:
BACA JUGA:Segini Harga Motor Bekas Honda Forza, Nyaman untuk Touring
BACA JUGA:Yamaha Resmi Rilis di RI, Race dengan Winglet