6 Penyebab Jerawat Membandel di Badan dan Cara Ampuh Mengatasinya

Rabu 02-10-2024,13:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Perubahan hormonal, terutama yang terjadi pada usia berapa pun, menjadi penyebab utama munculnya jerawat di tubuh. Ketika kadar hormon berfluktuasi, terutama selama masa remaja dan dewasa muda (antara 21 dan 25), produksi sebum di kulit meningkat.


ilustrasi jerawat di punggung--alodokter

Minyak atau sebum berlebih ini dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Bagi kebanyakan orang, perubahan hormonal tidak hanya terjadi pada masa remaja, tetapi juga dapat terjadi karena siklus menstruasi, kehamilan, atau penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon.

BACA JUGA:Lebih Sehat Mana: Tempe Dibungkus Daun atau Dibungkus Plastik?

BACA JUGA:Rutin Makan Buah Ini Bisa Kurangi Kerontokan Rambut, Wajib Coba!

Inilah mengapa penting untuk mengelola kondisi hormonal melalui gaya hidup sehat dan perawatan kulit yang tepat.

3. Gesekan dan tekanan

Gesekan dan tekanan terus-menerus pada kulit dapat menyebabkan jenis jerawat yang disebut jerawat mekanis. Orang yang mengenakan pakaian ketat, sering membawa barang berat seperti ransel atau peralatan olahraga yang bersentuhan dengan kulit, rentan mengalami masalah ini.

Tekanan ini dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan peradangan dan jerawat.Selain itu, gesekan pakaian yang kasar juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengenakan pakaian yang longgar dan longgar serta mengubah posisi beban agar tidak terlalu memberikan tekanan pada bagian kulit mana pun.

BACA JUGA:Bagaimana Ciri-ciri Orang Terkena Kolesterol? Ini 10 Daftarnya

BACA JUGA:Manfaat Buah Sirsak Dapat Menyembuhkan Penyakit Apa Saja? Berikut Simak!

4. Kebersihan yang buruk

Postur tubuh yang buruk menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat, terutama di area yang sulit dijangkau seperti punggung. 

Jika kita tidak rutin mencuci badan, minyak alami dan sel kulit mati akan menumpuk di permukaan kulit. Riasan ini dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.Selain itu, area seperti punggung yang tertutup pakaian dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Oleh karena itu, penting untuk mencuci seluruh bagian tubuh secara rutin, bahkan bagian yang sulit dijangkau sekalipun, agar kulit tetap bersih.

5. Produk tertentu

Kategori :