8 Buah Yang Bagus Di Konsumsi Oleh Penderita Penyakit Sirosis, Menurut Para Penelitian

Sabtu 19-10-2024,14:00 WIB
Reporter : Reza Kurniawan
Editor : Rizty Ria Anggraini

SILAMPARITV.CO.ID - Salah satu organ tubuh yang paling penting adalah hati. Organ ini bertugas menyimpan glikogen, mensintesis protein, menyimpan vitamin dan membangun hati untuk membantu mencerna makanan.

Penyakit hati yang umum adalah sirosis. Kerusakan sel hati dalam jangka panjang, pembentukan jaringan lemak yang membatasi aliran darah ke hati dan menurunkan fungsi hati merupakan gejala sirosis.

Dilansir dari Alodokter, penderita sirosis juga mungkin mengalami gejala seperti lemas, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Penyakit ini dapat dicegah dengan menghindari faktor-faktor seperti tidak berbagi jarum suntik, menerapkan hidup aman, dan membatasi konsumsi alkohol.

Bagi penderita sirosis, mengonsumsi buah dan sayur sangat penting karena dapat memperkuat tubuh dan mencegah kerusakan hati.

1. Jeruk

Jeruk membantu menguatkan hati karena mengandung vitamin dan mineral. Antioksidan dalam buah ini juga membantu melawan parasit dan mengeluarkan racun dari hati.

2. Grapefruit

Buah berwarna oranye dengan daging buah merah keunguan ini membantu melindungi sel hati serta mengurangi peradangan.

BACA JUGA:Rekomendasi Lip Gloss Bening dan Berwarna yang Ringan di Bibir

BACA JUGA:Makeup Flawless Layaknya Pakai Filter, Yuk Coba Dear Me Beauty Airy Complexion Series!

Potensi juga dapat memperlambat perkembangan sirosis karena merangsang produksi dan aktivitas enzim yang mendukung regenerasi hati.

Grapefruit juga kaya akan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk melindungi hati dan mengurangi proses fibrosis.

3. Lemon

Vitamin C pada lemon sangat membantu hati untuk menghilangkan lemak dan limbah dari tubuh. Efek detoksifikasi yang ada pada lemon juga menyeimbangkan PH dalam tubuh.

Kategori :