Resep Sambal Udang Balado yang Enak dan Umami, Pedasnya Bikin Nagih

Jumat 25-10-2024,14:30 WIB
Reporter : Rizty Ria Anggraini
Editor : Rizty Ria Anggraini

• 4 siung bawang merah

• 3 siung bawang putih

• 1 sdt terasi, bakar

• 1 buah tomat ukuran sedang

Cara Membuat:

Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, dan tomat menggunakan cobek atau blender hingga halus. Jika menggunakan blender, tambahkan sedikit minyak untuk memudahkan proses penghalusan.

Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Tumis bumbu sambal yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum dan bumbu matang, sekitar 5-7 menit.

BACA JUGA:Kena Panas Makin Semriwing, Parfum Jo Loves Pomelo Cocok untuk Iklim Tropis dan Tahan Hingga 6 Jam

BACA JUGA:Ini Dia Rahasia Membuat Chicken Katsu yang Lezat dan Empuk

Setelah sambal matang, masukkan udang ke dalam wajan. Aduk rata hingga udang berubah warna menjadi merah muda. Tambahkan air asam jawa, gula merah, dan garam secukupnya. Masak selama 5-10 menit hingga udang matang sempurna dan sambal meresap ke dalam udang.

Koreksi rasa sambal. Jika ingin lebih pedas, tambahkan cabai rawit sesuai selera. Jika sudah pas, angkat dan sajikan.

Sambal Udang Balado sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan lalapan segar. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat siapa saja ketagihan. Selain itu, hidangan ini juga bisa menjadi pelengkap di acara makan bersama keluarga atau teman.

Membuat Sambal Udang Balado tidaklah sulit, dan hasilnya pasti akan memuaskan lidah. Dengan perpaduan rasa umami dari udang dan pedasnya sambal balado, hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa di meja makanmu. Selamat mencoba!

Kategori :