Waspada! Ini Tanda Hubunganmu dengan Dia Sudah 'Beracun'

Senin 28-10-2024,18:30 WIB
Reporter : Rizty Ria Anggraini
Editor : Rizty Ria Anggraini

SILAMPARITV.CO.ID - Hubungan seharusnya membawa kebahagiaan, rasa aman, dan dukungan. Namun, tidak semua hubungan berjalan sehat. 

Ketika suatu hubungan lebih banyak menghadirkan stres, rasa sakit, dan kelelahan emosional, mungkin itu adalah tanda hubungan yang ‘beracun’ atau toxic. 

Hubungan seperti ini bukan hanya berdampak buruk pada mental, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Berikut beberapa tanda bahwa hubungan Anda mungkin sudah tidak sehat.

1. Merasa Tertekan atau Selalu Cemas

Salah satu tanda umum hubungan beracun adalah perasaan cemas yang berlebihan setiap kali bersama pasangan. 

Jika Anda merasa selalu khawatir akan sikap atau reaksi pasangan, dan merasa harus berhati-hati dalam berbicara atau bertindak, ini bisa jadi tanda bahwa hubungan tersebut penuh tekanan.

2. Kontrol Berlebihan

Dalam hubungan yang sehat, kedua pihak saling menghargai kebebasan masing-masing. Namun, jika pasangan selalu ingin tahu semua aktivitas Anda, membatasi siapa yang boleh Anda temui, atau mengontrol keputusan-keputusan penting dalam hidup Anda, ini adalah tanda hubungan yang beracun. Kontrol berlebihan menunjukkan kurangnya kepercayaan dan upaya untuk mendominasi.

3. Manipulasi Emosional

BACA JUGA:Inilah 5 Cushion Terbaik yang Bisa Menjadi Pilihan

BACA JUGA:4 Daftar Buah yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat, Konsumsi dari Sekarang Yuk!

Pelaku manipulasi emosional akan membuat Anda merasa bersalah atas hal-hal kecil atau menyalahkan Anda atas masalah dalam hubungan. 

Ini termasuk ‘gaslighting,’ di mana seseorang membuat Anda merasa tidak percaya diri atau meragukan pemahaman Anda sendiri.

 Manipulasi emosional merusak rasa percaya diri dan bisa membuat Anda terjebak dalam hubungan yang menyakitkan.

Kategori :