Ada 3 Golongan yang Beruntung Pertama Kali Dibangkitkan di Hari Kiamat, Siapa Mereka?

Minggu 24-12-2023,21:43 WIB
Reporter : M Azhari
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.ID - Pada hari kiamat nantinya banyak orang yang tertunduk hina dan bermuram durja. Akan tetapi ada pula banyak juga mereka yang tersenyum bahagia.

Rasulullah SAW menerangkan perihal mengenai manusia yang pertama dibangkitkan di hari kiamat kelak.  Hadits ini jelaskan oleh salah seorang pendakwah nasional, Ustaz Dr Amir Faishol Fath.

Ustadz Dr Amir Faishol Fath menjelaskan tentang siapa saja orang-orang yang nantinya akan dibangkitkan pertama kali di hari kiamat.

Melakukan Perbuatan Mulia

BACA JUGA:7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Ustadz Faishol menjelaskan berdasarkan hadist Nabi Muhammad Saw, ada tiga jenis orang-orang yang beruntung akan dibangkitkan pertama kali di hari kiamat. Dari kesemua orang-orang tersebut mereka adalah orang yang gemar melakukan perbuatan mulia atau terpuji.

“Masih ingat dalam sebuah hadits shahih ada tiga jenis orang yang akan nantinya pertama kali dibangkitkan di hari kiamat kelak. Ketiga orang-orang tersebut secara lahir adalah orang-orang yang melakukan perbuatan paling mulia,” ungkap Faishol dalam tulisannya dikutip dari Hidayatuna.com, Minggu, 24 Desember 2023.

Jadi dari ketiga jenis orang yang dimaksudkan dalam hadist Nabi Muhammad SAW, mereka siapa saja?

3 Golongan yang Pertama Dibangkitkan di Hari Kiamat

BACA JUGA:Gabut? Berikut 5 Aktivitas yang Pasti Bermanfaat dan Menyenangkan

Pertama, ahli Alquran, orang yang telah mewakafkan hidupnya untuk mengajarkan Alquran.

“Kelak ketika berhadapan dengan Allah SWT kata Nabi Muhammad SAW, ia melaporkan bahwa amalnya karena Allah SWT. Ternyata, Allah SWT menolaknya. Kata Allah SWT, kamu telah bohong, karena kamu telah melakukannya karena ingin dikatakan qari’ (bukan karena Allah SWT). Allah memerintahkan agar orang tersebut dilemparkan ke neraka,” ditulis oleh Ustadz Faishol dikutip dari Republika.

Kedua, ahli sedekah. Hartanya banyak. Pada hari kiamat kelak, ia melaporkan bahwa telah menggunakan semua hartanya untuk kebaikan. Allah SWT menjawab, kamu telah bohong, kamu melakukan itu bukan karena Aku (Allah SWT) tetapi karena ingin dikatakan sebagai dermawan. Allah SWT memerintahkan agar orang tersebut dilempar ke neraka.

Ketiga, orang yang kuat secara jasmani. Ia selalu hadir di dalam peperangan untuk membela agamanya Allah SWT. Ketika ditanya, orang tersebut menjawab bahwa telah melakukan semua itu karena-Nya (Allah SWT).

Allah langsung menjawab: kamu telah bohong, kamu melakukan itu karena ingin dikatakan sebagai pemberani. Dan hal itu sudah kamu capai, semua orang mengatakan kamu pemberani. Allah SWT perintahkan agar orang itu dilempar ke neraka. (HR Muslim).

BACA JUGA:Kompak! SMPN Selangit Musi Rawas Goes To Lampung dan Pahawang Antar Guru

Kategori :