Inilah 12 Manfaat Daun Pandan yang Baik untuk Kesehatan

Jumat 12-01-2024,15:30 WIB
Reporter : Ahmad Sharoni
Editor : Ayu Fitriani

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ini 6 Macam Kulit Buah yang Memiliki Sejuta Manfaat untuk Tubuh

Senyawa flavonoid pada daun pandan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan memperlambat penyerapan glukosa sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Dapat Meredakan Nyeri Sendi

Khasiat daun pandan adalah dapat membantu meredakan nyeri sendi, seperti radang sendi. Daun pandan bisa digunakan secara eksternal dengan cara mengompres bagian yang nyeri, atau bisa juga digunakan sebagai teh untuk meredakan peradangan.

5. Dapat menjadi obat untuk sakit kepala

BACA JUGA:Apa Hukum Weton dalam Ajaran Islam? Simak di Sini!

Khasiat daun pandan yang kelima adalah senyawa pereda nyeri atau pereda nyeri pada daun pandan dapat membantu meredakan sakit kepala.

Anda bisa merebus beberapa lembar daun pandan dalam air lalu meminum air rebusannya sebagai obat alami sakit kepala ringan.

6. Dapat mengatasi menghilangkan batu ginjal

Selain itu, manfaat daun pandan adalah dapat meningkatkan produksi urin dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah seperti batu ginjal dan mencegah terbentuknya batu ginjal yang baru.

BACA JUGA:Simak Manfaat Utama Rutin Minum Jus Seledri Dibawah Ini!

7. Dapat mengobati luka bakar

Selain itu, manfaat daun pandan dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Ekstrak daun pandan atau sari daun pandan segar bisa kita oleskan pada area luka bakar untuk mengurangi peradangan dan mencegah peradangan.

8. Dapat mencegah adanya kanker

Beberapa penelitian menunjukkan adanya senyawa-senyawa dalam daun pandan mempunyai sifat antikanker. Kandungan flavonoid dan polifenol dalam daun pandan bisa membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan menghambat perkembangannya.

BACA JUGA:Apakah Kamu Pernah Membayangkan Bagaimana Kematian yang Paling Menyakitkan? Simak di Sini!

Kategori :