Inilah 12 Manfaat Daun Pandan yang Baik untuk Kesehatan

Jumat 12-01-2024,15:30 WIB
Reporter : Ahmad Sharoni
Editor : Ayu Fitriani

9. Menjaga Kesehatan Pada Mata

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Mata. Vitamin A yang terkandung dalam daun pandan memiliki khasiat menyehatkan mata.

Vitamin A berperan dalam menjaga penglihatan, mencegah mata kering dan mengurangi risiko penyakit mata seperti degenerasi makula.

10. Dapat Mengatasi Kerontokan Pada Rambut

Khasiat daun pandan adalah dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Caranya adalah dengan menggunakan air rebusan daun pandan sebagai bilasan terakhir setelah keramas.

BACA JUGA:10 Penyebab Rambut Rontok Parah, Simak Penjelasannya di Sini!

Kandungan nutrisi pada daun pandan dapat membantu menguatkan akar rambut dan mencegah rambut rontok.

11. Dapat Mengobati Diare

Khasiat daun pandan lainnya adalah kandungan tanin pada daun pandan mempunyai sifat anti diare sehingga dapat membantu mengatasi masalah diare.

Caranya cukup sederhana, yaitu Anda bisa merebus beberapa lembar daun pandan dalam air lalu meminum air rebusannya untuk meredakan gejala diare.

12. Dapat Mengobati Adanya Hipertensi

BACA JUGA:Setelah Turun Gunung, Gerard Pique Umumkan Jadi Pelatih

Manfaat daun pandan yang terakhir adalah daun pandan kaya akan flavonoid, yaitu senyawa alami yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi.

Flavonoid dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan peradangan, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Daun pandan tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias yang menarik tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Konsentrasi senyawa metabolit sekunder dan nutrisi pada daun pandan memberikan banyak manfaat seperti pencegahan penyakit jantung, perawatan kulit, pengendalian gula darah, nyeri sendi dan masih banyak lagi.

Kategori :