Pentingnya Mempunyai Hobi yang Bermanfaat Bagi Kehidupan: Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Seseorang

Jumat 26-01-2024,11:15 WIB
Reporter : Septi Satria S
Editor : Ayu Fitriani

Selain itu, hobi juga secara tidak langsung dapat meningkatkan hubungan sosial Anda, baik hobi yang membutuhkan kerja sama tim maupun hobi yang bisa dilakukan sendiri.

Hal ini dikarenakan kita cenderung mencari orang lain untuk bertukar informasi tentang hobinya untuk berbagai tujuan (untuk meningkatkan keterampilan, mendapatkan pengakuan dari orang lain, dan lain-lain), sehingga secara tidak langsung kita belajar berkomunikasi dengan orang baru yang tidak menyukai kita, orang yang memiliki minat yang sama dalam membentuk koneksi baru.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial merupakan faktor kunci dalam kehidupan yang bahagia dan bermakna serta berpotensi menciptakan hubungan baru yang berharga.

Baik hobi Anda kreatif, akademis, olah raga, atau pribadi, yang terpenting adalah hobi tersebut bermakna dan menyenangkan bagi Anda.

Pastikan Anda selalu memiliki hobi karena dapat bermanfaat bagi kesejahteraan psikologis dan biologis Anda. Yang paling penting adalah meluangkan waktu istirahat dari aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Tidak ada yang namanya "Saya tidak punya waktu" untuk sebuah hobi, jadi setidaknya luangkan waktu dan lakukanlah.

BACA JUGA:Hobi Pelihara Ikan Hias? Ini dia 5 Jenis Ikan Molly Unik dan Menarik

Kategori :