Kenali 5 Alat Musik Tiup yang Terkenal di Nusantara

Sabtu 14-09-2024,19:30 WIB
Reporter : Rizty Ria Anggraini
Editor : Rizty Ria Anggraini

SILAMPARITV.CO.IDSelain budaya, Indonesia juga mempunyai banyak alat musik tradisional yang tersebar di berbagai daerah. Alat musik tiup sering kita jumpai.

Alat musik tiup tradisional Indonesia ini mempunyai suara yang sama indahnya dengan alat musik tiup modern yang populer seperti klarinet, terompet, dan trombone.

Hampir setiap daerah atau suku di Indonesia mempunyai alat musik tiup khasnya. digunakan untuk hiburan dan pemakaman.

Alat musik tradisional sendiri sering digunakan untuk menciptakan musik sebagai bagian dari upacara budaya, hiburan, atau tarian. Cara memainkannya bermacam-macam, ada yang memetik, menggeser, memukul, dan meniup tergantung jenis alat musiknya.

1. Kadire

Alat musik tiup tradisional pertama di Indonesia adalah kadire. Berasal dari daerah Kalimantan Timur, alat musik tiup ini berbentuk seperti keledi. Alat musik ini terbilang unik karena terbuat dari bambu dan dibuat dari batok kelapa.

BACA JUGA:Gebrakan Lagi dari Sony PS5 Pro, Gunakan SoC Kustom AMD Viola

BACA JUGA:8 Sikap Pick Me yang Membuatmu Dijauhi Orang Lain

Kadire sering dimainkan pada upacara adar komuni masyarakat Dayak Kenyah di Kalimantan.

2. Foy Doa dan Foy Pay

Foya Doa dan Foy Pay merupakan dua alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dilihat dari bentuknya, alat musik tiup ini hampir menyerupai seruling karena mempunyai banyak lubang.

BACA JUGA:Cocok untuk Keluarga dengan Dua Anak, Mobil Bekas Honda BR-V Matic Kini Bisa Didapatkan dengan Harga Terjangka

BACA JUGA:8 Sikap Pick Me yang Membuatmu Dijauhi Orang Lain

Kategori :