Mana yang Benar, Minum Yogurt Sebelum Atau Sesudah Makan? Cek di Sini!

Jumat 09-02-2024,21:00 WIB
Reporter : Risma
Editor : Ayu Fitriani

Yogurt mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Tak heran jika produk susu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat yoghurt bagi kesehatan

Manfaat yoghurt bagi kesehatan:

Yogurt merupakan produk fermentasi yang kaya akan protein dan kalsium sehingga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada saluran pencernaan. Nilai gizi yogurt juga membantu meningkatkan kesehatan organ tubuh lainnya. Manfaat yogurt untuk kesehatan cukup beragam, misalnya:

 1. Meningkatkan sistem imun tubuh 

BACA JUGA:7 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Nafas Tetap Segar

Yogurt memiliki banyak kandungan probiotik yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan infeksi. Yogurt juga mengandung magnesium, selenium, dan zinc yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, yogurt diperkaya dengan vitamin D yang dapat mencegah penyakit seperti flu.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi 

Manfaat yoghurt lainnya bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium, fosfor, dan kalium pada yogurt meningkatkan kepadatan gigi dan tulang, sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis. Asam laktat dalam yogurt juga melindungi gusi dari infeksi.

3. Membantu Mengatasi Hipertensi 

BACA JUGA:Tips Awet Muda Hanya dengan Konsumsi Rutin Buah Satu Ini

Penderita hipertensi juga bisa merasakan manfaat dengan rutin minum yogurt. Menurut hasil penelitian, orang yang mengonsumsi 2-3 porsi yogurt per hari memiliki tekanan darah hingga 50% lebih rendah dibandingkan orang yang tidak minum yogurt sama sekali.

Manfaat yogurt untuk kesehatan ini berasal dari kandungan potasiumnya yang membantu menghilangkan natrium dari tubuh. Sodium adalah mineral yang meningkatkan tekanan darah.

4. Mendukung sistem pencernaan yang sehat 

Manfaat yogurt untuk kesehatan sistem pencernaan memang tidak bisa dipungkiri. Kandungan probiotik pada yogurt tidak hanya membantu melancarkan buang air besar (BAB), tapi juga membantu mengatasi gangguan pencernaan lainnya seperti diare dan sembelit.

BACA JUGA:Bahaya Makan Gorengan Berlebihan: Dampak Negatif bagi Kesehatan

5. Meningkatkan kualitas tidur 

Kategori :