Benarkah Makan Malam Bikin Gemuk? Ketahui Faktanya!

Jumat 01-03-2024,14:30 WIB
Reporter : Risma
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDGagasan bahwa makan malam membuat Anda gemuk tentu sudah tidak asing lagi. Hal ini menyebabkan sebagian besar orang enggan makan di malam hari karena khawatir berat badannya bertambah. 

Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Benarkah makan malam membuat gemuk?

Jika dilihat dari sudut pandang medis, makan malam sebenarnya tidak membuat Anda gemuk. Pasalnya, kenaikan berat badan tidak hanya mempengaruhi waktu makan, tapi juga porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi. Namun perlu Anda ketahui bahwa metabolisme tubuh merupakan proses yang kompleks.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pikiran Sebelum Tidur: Pilihan Olahraga yang Tepat

Pada malam hari, metabolisme bekerja lebih lambat sehingga tubuh hanya mampu membakar sedikit kalori. Kondisi ini berkaitan dengan ritme sirkadian, yaitu waktu yang mengatur proses penting dan fungsi tubuh selama periode 24 jam.

Simpan glukosa dipecah pada malam hari untuk menstabilkan gula darah saat tidur. Jika makan malam tidak terlambat, simpanan glukosa akan habis dan lemak akan dipecah untuk memenuhi kebutuhan glukosa.

Jika Anda makan malam terlalu larut atau porsi makanan melebihi kebutuhan kalori, bukan lemak yang dipecah, melainkan sel yang akan ditambahkan untuk menambah berat badan.

Namun, bukan berarti makan malam membuat Anda gemuk. Namun tanpa disadari, orang kerap memilih makanan cepat saji atau fast food di malam hari yang mengandung banyak kalori. Jenis makanan ini membuat orang gemuk.

BACA JUGA:4 Manfaat Mencuci Wajah dengan Air Panas yang Belum Diketahui

Cara Anda tidur setelah makan dan kurangnya aktivitas fisik atau olahraga juga dapat memengaruhi penambahan berat badan. 

Jadi, jika Anda mengonsumsi makanan rendah kalori dan rutin berolahraga, makan di malam hari tidak menjadi masalah.

Tips makan malam untuk mencegah kenaikan berat badan

Apakah makan malam membuat Anda gemuk atau tidak tergantung pada pola makan Anda. Sebaiknya hindari makan tepat sebelum tidur atau setidaknya 3-4 jam sebelum tidur agar tubuh Anda memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan dengan baik.

BACA JUGA:7 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Kategori :