Pembahasan Kunci Jawaban Post Test Modul 2: Analisis Kelemahan Satuan Pendidikan, Referensi Guru untuk Pahami
Pembahasan Kunci Jawaban Post Test Modul 2: Analisis Kelemahan Satuan Pendidikan, Referensi Guru untuk Pahami Tahap Siap Kurikulum--ist
SILAMPARITV.CO.ID - Sebagai bagian dari peningkatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP), Modul 2 yang membahas Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan menjadi salah satu materi penting yang harus dikuasai. Modul ini mendorong para pendidik untuk dapat memahami secara mendalam berbagai aspek kelemahan dan kekuatan yang dimiliki satuan pendidikan mereka, sehingga dapat merancang strategi penguatan yang lebih tepat sasaran.
Untuk mendukung pemahaman tersebut, kini telah tersedia pembahasan lengkap beserta kunci jawaban dari soal Post Test Modul 2, yang secara khusus menitikberatkan pada analisis kelemahan dalam satuan pendidikan. Materi ini diambil dan disusun berdasarkan referensi resmi dari laman guru.kemdikbud.go.id, yang menjadi sumber utama pembelajaran guru di Indonesia.
BACA JUGA:Sriwijaya FC Mulai Persiapan Musim 2025/26, Fokus Bangun Tim dengan Putra Daerah dan Konsep Baru
BACA JUGA:Baim Wong dan Paula Verhoeven Resmi Bercerai, Terbukti Ada Pihak Ketiga dalam Rumah Tangga Mereka
Modul Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan
Post Test
Soal 1
Untuk menganalisis kelemahan yang dimiliki oleh satuan pendidikan, kepala satuan pendidikan dapat menjawab pertanyaan ....
A. Kekuatan atau kelebihan yang dimiliki satuan pendidikan?
B. Apa saja kesempataan yang ada di lingkungan sekitar satuan pendidikan?
C. Apa saja kebutuhan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang belum terpenuhi?
D. Adakah perubahan peraturan pemerintah yang berdampak bagi perkembangan satuan pendidikan?
Jawaban: C. Apa saja kebutuhan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang belum terpenuhi?
BACA JUGA:Contoh Soal Latihan OSN Matematika SD 2025 dan Kunci Jawaban: Persiapan Optimal Menuju Kompetisi
Soal 2
Di satuan pendidikan kejuruan atau SMK, terdapat karakteristik khusus yang digunakan, yaitu ....
A. Karakteristik pendidik
B. Karakteristik lingkungan
C. Karakteristik peserta didik
D. Karakteristik program keahlian
Jawaban: D. Karakteristik program keahlian.
Soal 3
Berikut adalah beberapa faktor eksternal dalam karakteristik satuan pendidikan, kecuali ....
A. Karakteristik lingkungan
B. Karakteristik sosial budaya
C. Karakteristik orangtua/wali
D. Tidak ada jawaban yang benar
Jawaban: C. Karakteristik orangtua/wali.
BACA JUGA:Kumpulan Soal OSN IPA SD 2025 dan Kunci Jawaban: Panduan Belajar Mandiri di Rumah
Soal 4
Yang merupakan alat untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan objek adalah:
A. Kuisioner
B. Forum diskusi terpumpun
C. Observasi
D. Wawancara
Jawaban: C. Observasi
Soal 5
Informasi yang tidak dibutuhkan dalam melakukan analisis karakteristik lingkungan belajar adalah ...
A. Bagaimana peran satuan pendidikan sebagai bagian dari masyarakat setempat
B. Apa kekhasan daerah setempat yang penting untuk dilestarikan?
C. Bagaimana peran satuan pendidikan dalam menyiapkan peserta didik mencapai profil Pelajar Pancasila?
D. Bagaimana kesiapan pemerintah setempat dalam memfasilitasi minat olahraga warganya?
Jawaban: D. Bagaimana kesiapan pemerintah setempat dalam memfasilitasi minat olahraga warganya?
BACA JUGA:Diakui Dunia, Layanan Wealth Management BRI Raih Penghargaan Internasional dari Euromoney
BACA JUGA:Wamen Resmikan Proyek Fasilitas Gas Akatara Di Jambi
Sumber: