Mengapa Balas Dendam Terasa Memuaskan? Penjelasan Ilmiah di Baliknya

Mengapa Balas Dendam Terasa Memuaskan? Penjelasan Ilmiah di Baliknya

--

4. Pengalihan Perhatian

Melakukan balas dendam juga bisa menjadi cara untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit atau penderitaan yang dialami seseorang.

Dengan fokus pada tindakan balas dendam, seseorang dapat sementara mengurangi intensitas emosi negatif yang mereka rasakan akibat perlakuan yang tidak adil atau penderitaan yang dialami.

BACA JUGA:7 Film Anime Romantis yang Wajib Ditonton, Salah Satunya Takagi-san

5. Hormon Kepuasan

Secara biologis, melakukan balas dendam dapat merangsang pelepasan hormon-hormon seperti dopamin, serotonin, dan endorfin dalam otak, yang dapat memberikan rasa puas atau bahkan euforia.

Sensasi ini membuat seseorang merasa memuaskan dan mungkin membuat mereka ingin melanjutkan tindakan balas dendam di masa depan.

BACA JUGA:4 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Meskipun balas dendam sering kali dianggap tidak sehat secara psikologis dan tidak dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang merasa bahwa melakukan balas dendam memberikan rasa pemenuhan atau kepuasan tertentu.

Penjelasan ilmiah di balik mengapa balas dendam terasa memuaskan termasuk pelepasan emosi negatif, restorasi diri, persepsi tentang keadilan, pengalihan perhatian, dan reaksi biologis dalam bentuk pelepasan hormon kepuasan.

BACA JUGA:4 Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Namun, penting untuk diingat bahwa balas dendam sering kali hanya memberikan pemenuhan sementara dan dapat menyebabkan konsekuensi negatif yang lebih besar dalam jangka panjang.

Sumber: