7 Amalan yang Dapat Pahala Setara Umrah dan Haji

7 Amalan yang Dapat Pahala Setara Umrah dan Haji

7 Amalan yang Dapat Pahala Setara Umrah dan Haji--

BACA JUGA:Kamu Termasuk Penyuka Lagu We Dont Talk Anymore? Berikut Maknanya!

Membaca Al-Qur'an secara rutin dan mengamalkan ajaran-ajarannya merupakan amalan yang sangat mulia. Pahala membaca Al-Qur'an sangat besar, dan lebih besar lagi jika dilakukan dengan pemahaman dan pengamalan.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya, maka pada hari kiamat kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota dari cahaya yang cahayanya seperti matahari" (HR. Abu Dawud).

5. Memberi Sedekah dengan Ikhlas

Sedekah memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda, "Setiap orang yang bersedekah di jalan Allah, maka pahalanya seperti pahala orang yang melaksanakan umrah" (HR. Ahmad).

BACA JUGA:Mengenal Sifat dan Kepribadian Pasangan yang Gemar Mendaki Gunung

Sedekah yang diberikan dengan ikhlas dapat mendatangkan pahala yang besar dan membersihkan harta yang dimiliki.

6. Menghadiri Majelis Ilmu

Menghadiri majelis ilmu atau pengajian memiliki pahala yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang berjalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga" (HR. Muslim). Belajar ilmu agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari setara dengan pahala haji dan umrah.

7. Berbuat Baik kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua adalah salah satu amalan yang sangat ditekankan dalam Islam.

BACA JUGA:Mengungkap Karakter Seseorang Melalui Warna Kesukaannya Menurut Psikolog

Rasulullah SAW bersabda, "Ridha Allah terletak pada ridha orang tua dan murka Allah terletak pada murka orang tua" (HR. Tirmidzi). Berbakti kepada orang tua dengan penuh kasih sayang dan kepatuhan dapat mendatangkan pahala yang besar.

Islam menawarkan banyak cara bagi umatnya untuk mendapatkan pahala besar yang setara dengan haji dan umrah.

Dengan melaksanakan amalan-amalan seperti sholat subuh berjamaah, berjalan ke masjid, sholat dhuha, membaca Al-Qur'an, bersedekah, menghadiri majelis ilmu, dan berbakti kepada orang tua. 

Sumber: