Keistimewaan Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah

Keistimewaan Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah

Keistimewaan Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah--

SILAMPARITV.CO.IDPuasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Selain puasa wajib di bulan Ramadan, ada juga puasa sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Muslim.

Dua di antara puasa sunnah yang memiliki keutamaan khusus adalah puasa Arafah dan puasa Tarwiyah. Kedua puasa ini dilaksanakan pada bulan Zulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Hijriah yang juga menjadi waktu pelaksanaan ibadah haji.

Puasa Arafah

Puasa Arafah dilakukan pada tanggal 9 Zulhijjah, yaitu sehari sebelum Hari Raya Idul Adha. Nama "Arafah" diambil dari nama sebuah tempat di dekat kota Mekah, di mana jamaah haji berkumpul untuk melaksanakan wukuf, puncak dari ibadah haji. Puasa Arafah memiliki banyak keutamaan dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Indoor yang Bisa Membuat Rumah Harum Sepanjang Hari

Keutamaan Puasa Arafah:

1. Pengampunan Dosa: Rasulullah SAW bersabda: "Puasa Arafah, saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan dosa tahun sebelumnya dan tahun setelahnya." (HR. Muslim). Dengan melaksanakan puasa ini, umat Muslim diharapkan mendapatkan ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah lalu dan yang akan datang.

2. Pahala yang Berlipat Ganda: Puasa Arafah memiliki pahala yang sangat besar dan menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk meraih banyak kebaikan di sisi Allah SWT.

3. Kesempatan untuk Mendekatkan Diri kepada Allah: Menjalankan puasa Arafah menjadi momen penting untuk introspeksi diri, meningkatkan kualitas ibadah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Bahasa Tersulit di Dunia untuk Dipelajari

Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Zulhijjah, sehari sebelum puasa Arafah. Kata "Tarwiyah" berasal dari kata "rawwa" yang berarti berpikir atau mempersiapkan. Puasa ini dilakukan sebagai persiapan dan pembekalan spiritual sebelum memasuki hari Arafah.

Keutamaan Puasa Tarwiyah:

1. Peningkatan Iman dan Taqwa: Dengan melaksanakan puasa Tarwiyah, umat Muslim diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan mereka, sebagai persiapan menghadapi puasa Arafah dan hari-hari besar di bulan Zulhijjah.

Sumber: