Indonesia Menjadi Satu-satunya Wakil ASEAN yang Berhasil Lolos ke Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia Menjadi Satu-satunya Wakil ASEAN yang Berhasil Lolos ke Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia Menjadi Satu-satunya Wakil ASEAN yang Berhasil Lolos ke Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026--

SILAMPARITV.CO.IDIndonesia menjadi harapan terakhir ASEAN di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah negara-negara Asia Tenggara lainnya gagal melangkah ke putaran ketiga.

Keberhasilan ini diraih setelah kemenangan atas Filipina di matchday terakhir, yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa (11/6/2024) malam WIB. Indonesia menang 2-0 berkat gol dari Thom Haye dan Rizky Ridho.

Di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong, Indonesia berhasil lolos sebagai runner-up Grup F, mendampingi Irak. Dari enam pertandingan, Indonesia mengumpulkan 10 poin.

Negara-negara Asia Tenggara lainnya tidak berhasil mengikuti jejak Indonesia ke putaran ketiga kualifikasi. Pada matchday terakhir, selain Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia masih memiliki peluang.

BACA JUGA:Kylian Mbappe Resmi Bergabung dengan Real Madrid: Perbandingan Gaji Mbappe dan Ronaldo

Peluang Vietnam tertutup setelah Indonesia mengalahkan Filipina. Vietnam akhirnya finis di peringkat ketiga, di bawah Indonesia.

Thailand mengalami nasib yang kurang beruntung di Grup C. Meski memiliki poin yang sama dengan China di urutan kedua, Thailand hanya mampu finis di posisi ketiga karena kalah dalam head to head.

Pada pertandingan terakhir, Thailand yang membutuhkan kemenangan dengan selisih tiga gol, hanya menang 3-1 atas Singapura.

Sementara itu, Malaysia mengakhiri kualifikasi dengan kemenangan 3-1 atas Chinese Taipei. Kemenangan ini membuka peluang tipis bagi Malaysia untuk lolos ke fase berikutnya.

BACA JUGA:Kylian Mbappe Resmi Bergabung dengan Real Madrid: Era Baru di Santiago Bernabeu

Namun, Malaysia membutuhkan Oman untuk mengalahkan Kirgistan dengan selisih tujuh gol. Pada akhirnya, Oman dan Kirgistan bermain imbang 1-1, dan Malaysia dipastikan tersingkir.

Indonesia kini menjadi salah satu dari 18 negara yang akan bertarung di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Nantinya, 18 negara ini akan dibagi ke dalam tiga grup. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Sementara tim peringkat ketiga dan keempat akan lanjut ke putaran keempat.

Undian untuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar pada 27 Juni.

Sumber: