Lapas Kelas IIA Lubuklinggau Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Lapas Kelas IIA Lubuklinggau Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Lapas Kelas IIA Lubuklinggau melaksanakan upacara peringatan hari lahir pancasila mengenakan pakaian adat nasional--

SILAMPARITV.CO.ID -- Lapas Kelas IIA Lubuklinggau melaksanakan upacara peringatan hari lahir pancasila. Dimana keberadaan pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. 

Upacara ini dilaksanakan dilapangan Lapas Kelas IIA Lubuklinggau Kanwil Kemenkumham Sumsel pada Hari ini (tanggal) 1 Juni 2024.

Dalam upacara peringatan hari lahir pancasila ini diikuti oleh pegawai Lapas Lubuklinggau, Kamis (01/06/2023).

Pantauan dilapangan, keluarga besar Lapas Lubuklinggau mengenakan pakaian adat nasional, tampak semua pegawai mengikuti upacara dengan khidmat. 

BACA JUGA: Smartphone Resmi EURO 2024 Mengintip Keunggulan Flagship Vivo X Fold3 Pro, X100 Pro, dan X100

Peringatan hari lahir Pancasila Tahun ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". 

Tema ini mengandung maksud  bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Bertindak selaku inspektur upacara, Kalapas Lubuklinggau, Hamdi Hasibuan membacakan amanat upacara dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Yudian Wahyudi. 

Dalam amanatnya, menyampaikan bahwa Pancasila harus senantiasa berada didalam jiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. 

BACA JUGA:Diadakan oleh Binance, Ini Persyaratan untuk Terima Airdrop Token ZKsync

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. 

Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. 

Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya," Ucap Kalapas.

Sumber: