Harga Pertalite dan Solar Juli Tidak Berubah? Ini Kata Kementerian ESDM

Harga Pertalite dan Solar Juli Tidak Berubah? Ini Kata Kementerian ESDM

ilustrasi bahan bakar (pertamax, pertalite, solar dan lain-lain)--

SILAMPARITV.CO.IDKementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan harga Pertalite dan Solar tidak mengalami perubahan pada Juli mendatang. 

Namun, perubahan harga bisa saja terjadi pada bahan bakar non-subsidi seperti Pertamax.

Agus Cahyono Adi, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik  dan Kerja Sama Kementerian ESDM, menjelaskan unit usaha akan mengubah harga Pertamax CS sesuai kisaran harga komposisinya.

BACA JUGA:Tarif Listrik Tidak Naik, Sementara Harga BBM Belum Diputuskan

“Saat ini belum ada perbaikan jika BBM Universal Non Subsidi (Pertamax cs) diresepkan oleh pedagang jika berada dalam kisaran harga formulasi tersebut,” ujarnya, Sabtu (29/06/2024). 

"Pertalite yang merupakan JBKP (Jenis Bahan Bakar Alokasi Khusus) tidak diatur sebagai bahan bakar solar. Mungkin untuk Pertamax CS, ujarnya seraya menambahkan harga minyak mentah Indonesia (ICP) cenderung stagnan, meski dolar AS masih menjadi beban berat.

Pada data yang ditampilkan, nilai tukar dolar AS pada kurs rata-rata Bank Indonesia (BI) hingga 27/06/2024 berada pada Rp 16.324, sedangkan ICP pada 27/06/2024 ke tingkat dolar AS. 79,12 per barel.

BACA JUGA:Rumah Pensiun Jokowi Sudah Mulai Dibangun, Lokasi Rumah Dipilih Sendiri Oleh Presiden

“Harga minyak ICP masih stabil, tapi nilai tukarnya sulit,” kata Agus.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan belum ada keputusan mengenai harga BBM. Dia juga mengatakan, harga bahan bakar belum dibicarakan sejak Juni.

"Kalau listrik tidak naik, (kuartal) III, besok seperempat. BBM belum habis, belum padam," ujarnya di Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas). Jakarta Selatan, dikutip dari finane.detik.com, Sabtu 29 Juni 2024.

BACA JUGA:Unik, Mengenal Fenomena Gunung Bertopi di Jawa Tengah

Sumber: