Rumah Pensiun Jokowi Sudah Mulai Dibangun, Lokasi Rumah Dipilih Sendiri Oleh Presiden

Rumah Pensiun Jokowi Sudah Mulai Dibangun, Lokasi Rumah Dipilih Sendiri Oleh Presiden

rumah pensiun jokowi sudah mulai dibangun di Jawa Tengah--kompas.com

SILAMPARITV.CO.IDMenteri Negara Setya Utama mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo sendiri yang memilih lokasi rumah jomponya yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Hal ini disampaikan Setya menyikapi pembangunan rumah jompo milik Jokowi yang sudah dimulai pada Juni 2024. 

"Presiden sendiri yang meminta dan memilih tempat tinggalnya, tentu aspek dirinya dan keluarga sadar," kata Setya. 

Setya dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (27 Juni 2024). Setya juga mengatakan, anggaran pembangunan rumah pensiun presiden diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) 120/PMK.06/2022 tentang Penyediaan, Kelayakan, dan Evaluasi Rumah Mantan Presiden dan/atau Bekas Rumah Tinggal. 

BACA JUGA:Awak Kapal Klotok Kaltim Diduga Hilang Diterkam Buaya

Wakil Presiden Republik Indonesia. “Tanahnya ditempatkan sesuai pagu anggaran. “Rumah bisa segera ditempati dan dijual, bisa diserahterimakan kepada ahli warisnya,” ujarnya.

Rumah pensiun Presiden Jokowi dikabarkan mulai dibangun pada Juni 2024 setelah ia berhenti menjabat sebagai kepala negara. Rumah tersebut berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Kepala Desa Blulukan, Slamet Wiyono mengatakan, material pembangunan rumah pensiun milik Jokowi akan tiba pada Juli 2024. 

BACA JUGA:Unik, Mengenal Fenomena Gunung Bertopi di Jawa Tengah

“Kemarin kami (pengurus desa Blulukan) dihubungi Mensesneg, alias kula nunu, penguasa negara. Presiden negara akan segera datang,” kata Slamet dikutip dari Kompas.com, pada Jum'at (28 Juni 2024).

Slamet menjelaskan, Sekretariat Kementerian mendatangi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Karanganyar untuk meminta izin penebangan pohon di depan rumah pensiun Jokowi.

Pohon-pohon ditebang untuk memudahkan keluar masuknya kendaraan dan petugas selama proses pembangunan. “Ada juga beberapa tiang listrik dan telepon yang juga milik masyarakat sekitar. 

BACA JUGA:Bengkulu Dihebohkan oleh Warga Menemukan Bayi di Bawah Pohon Mahoni

Dalam hal ini PLN dan Telkom,” kata Slamet seraya menambahkan CV Tunas Jaya Sanur adalah pembangun rumah pensiun Jokowi.

Sumber: