Anemia Aplastik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan untuk Kondisi Medis Serius ini

Anemia Aplastik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan untuk Kondisi Medis Serius ini

Anemia Aplastik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan untuk Kondisi Medis Serius ini--freepik

SILAMPARITV.CO.IDAnemia aplastik adalah kondisi medis serius di mana sumsum tulang gagal memproduksi cukup sel darah baru. Sumsum tulang, jaringan spons di dalam tulang, bertanggung jawab untuk membuat sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Pada anemia aplastik, produksi ketiga jenis sel darah ini terganggu, yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.

Penyebab Anemia Aplastik

Anemia aplastik dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

1. Penyebab Idiopatik: Pada banyak kasus, penyebab pasti anemia aplastik tidak diketahui (idiopatik). Namun, kondisi ini sering dikaitkan dengan gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sumsum tulang.

2. Paparan Bahan Kimia Beracun: Bahan kimia seperti benzena dan insektisida dapat merusak sumsum tulang dan menyebabkan anemia aplastik.

BACA JUGA:Penyakit Ambeien: Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatan

3. Pengobatan: Beberapa obat, terutama obat kemoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker, dapat merusak sumsum tulang.

4. Penyakit Menular: Infeksi virus tertentu, seperti hepatitis, Epstein-Barr, dan HIV, dapat menyebabkan anemia aplastik.

5. Gangguan Genetik: Kelainan genetik seperti anemia Fanconi dapat menyebabkan anemia aplastik.

6. Radiasi: Paparan radiasi dalam jumlah besar, seperti dari terapi radiasi atau kecelakaan nuklir, dapat merusak sumsum tulang.

BACA JUGA:Ternyata Buah Jeruk Mampu Cegah Anemia, Simak Penjelasannya!

Gejala Anemia Aplastik

Gejala anemia aplastik dapat bervariasi tergantung pada jenis dan jumlah sel darah yang berkurang. Gejala umum meliputi:

• Kelelahan: Karena kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Sumber: