Jalan Kaki: Olahraga Murah Meriah untuk Kesehatan

Jalan Kaki: Olahraga Murah Meriah untuk Kesehatan

Jalan Kaki: Olahraga Murah Meriah untuk Kesehatan--freepik

SILAMPARITV.CO.ID - Berjalan kaki adalah pilihan olahraga yang murah dan mudah diakses untuk menjaga kesehatan. Tidak seperti gym yang memerlukan peralatan khusus, berjalan kaki hanya membutuhkan sepatu dan pakaian olahraga, dan bahkan bisa dilakukan tanpa alas kaki.

Meskipun termasuk olahraga dengan intensitas ringan, ada beberapa alat yang dapat mendukung aktivitas ini. Salah satu yang sering digunakan adalah alat untuk memantau detak jantung, seperti jam tangan, gelang tangan, atau aplikasi smartphone.

Mengapa penting memantau detak jantung saat berjalan kaki? Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Bayushi Eka Putra, SpJP, menjelaskan bahwa jantung bisa terbiasa dengan intensitas tertentu saat berjalan kaki, sehingga olahraga terasa monoton. Alat pemantau detak jantung membantu mengetahui kapan perlu meningkatkan intensitas untuk memberikan tantangan lebih dan membuat efek olahraga lebih terasa.

"Ketika kita memantau detak jantung dan berolahraga dengan intensitas yang lebih tinggi, detak jantung akan turun seiring tubuh yang terbiasa dengan beban tersebut," ujarnya.

BACA JUGA:Manfaat Jalan Kaki di Walking Pad: Sehat dan Praktis

"Jadi, ketika kita berolahraga dan terbiasa dengan zona tertentu, detak jantung akan turun. Secara naluriah, kita akan berusaha mencapai detak jantung tersebut lagi dengan meningkatkan beban latihan. Monitoring ini membantu kita memahami kondisi tubuh kita sendiri," lanjutnya.

"Misalnya, kita berjalan kaki dan mencapai zona 2, 3, atau 4, dan terbiasa di sana. Setelah beberapa waktu, saat berjalan kaki lagi, zona kita turun meskipun dengan beban yang sama. Ini menunjukkan bahwa tubuh kita sudah beradaptasi, dan kita perlu meningkatkan beban latihan. Tujuannya adalah untuk menjaga efektivitas olahraga," jelasnya.

BACA JUGA:Jalan Kaki 5.000 Langkah, Berapa Lama Waktu Dibutuhkan?

Sumber: