Apa yang Terjadi pada Mesin Motor Jika Jarang Ganti Oli? Simak di Sini!

Apa yang Terjadi pada Mesin Motor Jika Jarang Ganti Oli? Simak di Sini!

ilustrasi ganti oli mesin motor--

SILAMPARITV.CO.IDMesin motor adalah salah satu komponen paling vital dalam kendaraan bermotor. 

Untuk menjaga kinerjanya tetap optimal, perawatan rutin, termasuk penggantian oli, sangatlah penting. 

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antar komponen mesin, mendinginkan mesin, serta membantu membersihkan kotoran dan endapan.

Pengaruh Jarang Mengganti Oli

1. Gesekan Berlebih:

BACA JUGA:United Manrola: Sepeda Listrik Kokoh dan Nyaman untuk Berbagai Medan Jalan

Oli yang tidak diganti sesuai jadwal akan kehilangan viskositasnya. Viskositas yang menurun mengurangi kemampuan oli untuk melumasi komponen mesin dengan baik. 

Akibatnya, gesekan antar komponen meningkat, menyebabkan keausan lebih cepat. Ini bisa mengakibatkan kerusakan serius pada komponen seperti piston dan silinder.

2. Overheating:

Oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Oli yang kotor dan tidak diganti akan mengandung banyak kotoran dan partikel logam dari keausan komponen mesin. 

BACA JUGA:Menghindari Risiko Ban Mobil Pecah: Kenali Ciri-Ciri Ban Kurang Tekanan Angin

Kotoran ini bisa menyumbat saluran oli, mengurangi aliran oli ke bagian-bagian mesin yang penting. Kurangnya pelumasan dan pendinginan ini dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas (overheating), yang bisa merusak gasket, segel, dan komponen mesin lainnya.

3. Penumpukan Sludge:

 Oli yang jarang diganti cenderung membentuk sludge atau lumpur oli, yaitu endapan tebal dan lengket yang terbentuk dari campuran oli, kotoran, dan partikel logam. 

Sumber: