Mengapa Sony Hentikan Produksi Blu-Ray dan Optical Disc? Ini Alasannya!

Mengapa Sony Hentikan Produksi Blu-Ray dan Optical Disc? Ini Alasannya!

Rencana sony akan hentikan produksi blu-ray dan optical disk--

SILAMPARITV.CO.IDSony dilaporkan telah berhenti membuat produk Blu-ray Disc dan beberapa opticsl disc tertentu sebagai langkah awal keluarnya mereka dari bisnis optical disc karena permintaan terhadap produk optical disc menurun.

Melansir dari laman notebookcheck.net, pada Rabu 10 Juli 2024, pabrik Tagajyo di Miyagi, Jepang adalah pabrik terakhir yang mampu memproduksi Blu-ray Disc BDXL tiga lapis berkapasitas 100GB dan Disc BDXL empat lapis 128GB. 

Sony sendiri berupaya untuk secara sukarela mengirimkan pekerjanya ke masa pensiun dini, dengan memangkas 250 dari 670 pekerja di pabrik tersebut.

BACA JUGA:Review Panasonic Lumix S9: Ringan dan Compact

Konsumen yang masih bergantung pada Blu-ray Disc didesak untuk segera restock sebelum harga meroket dan produsen kehabisan stok. 

Penyimpanan data pada optical disc juga tidak disarankan dalam beberapa dekade mendatang, karena ada kemungkinan motor hard drive tidak dapat berputar, dan media penyimpanan flash dapat mengalami kesalahan data akibat migrasi elektron.

Sony pertama kali memproduksi Blu-ray Disc untuk kelas konsumen pada tahun 2003, ketika Disc ini menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan dibandingkan CD atau DVD optik. 

BACA JUGA:Berkat AI dan Galaxy S24, Profit Samsung Naik Melejit

Satu tingkat berisi data sebesar 25 GB dan empat tingkat berisi data maksimum 128 GB. Sony memperkenalkan disk Blu-ray empat lapis ini ke pasar konsumen pada tahun 2018.

Pabrik Tagajyo didirikan pada tahun 1954 dan memproduksi cakram optik dan pita magnetik untuk Sony.

Sumber: