Kapan Jadwal Puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh 2024? Simak di Sini!

Kapan Jadwal Puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh 2024? Simak di Sini!

ilustrasi puasa sunnah--

SILAMPARITV.CO.IDPuasa adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. 

Selain puasa wajib di bulan Ramadan, ada juga puasa-puasa sunnah yang memiliki keutamaan besar, seperti puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh

Tahun 2024 memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk kembali menjalankan puasa-puasa sunnah ini dengan penuh kesungguhan. 

Berikut adalah penjelasan mengenai jadwal puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh 2024.

BACA JUGA:Memperingati 25 Tahun Acer Indonesia: Komitmen Inovasi dan Pengembangan Teknologi di Tanah Air

Puasa Tasua dan Asyura

Puasa Tasua dan Asyura adalah dua hari puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah. 

Puasa Tasua dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram, sementara puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Kedua hari ini memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam.

Pada tahun 2024, puasa Tasua akan jatuh pada hari Minggu, 15 September 2024, dan puasa Asyura akan jatuh pada hari Senin, 16 September 2024. 

BACA JUGA:Gunung Lewotobi Meletus Hari Ini 9 Juli 2024 Sebanyak 4 Kali Disertai Gemuruh

Puasa Asyura sangat dianjurkan karena Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa pada hari tersebut dapat menghapuskan dosa-dosa kecil tahun sebelumnya. Puasa Tasua, yang dilakukan sehari sebelum Asyura, dianjurkan untuk menyelisihi kebiasaan orang Yahudi yang hanya berpuasa pada hari Asyura.

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura

Puasa Tasua dan Asyura memiliki banyak keutamaan. Puasa Asyura adalah puasa yang sangat disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW karena pada hari tersebut Allah menyelamatkan Nabi Musa dan Bani Israil dari kejaran Firaun. 

Untuk menyelisihi kaum Yahudi yang juga berpuasa pada hari Asyura, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk berpuasa pada hari sebelumnya, yaitu Tasua.

Sumber: