Benarkah Memakai Makeup Tebal Bisa Bikin Kulit Wajah Kusam? Simak di Sini!

Benarkah Memakai Makeup Tebal Bisa Bikin Kulit Wajah Kusam? Simak di Sini!

ilustrasi wajah kusam --freepik

Salah satu kunci utama untuk mencegah kulit kusam akibat makeup adalah dengan membersihkannya secara menyeluruh setiap malam. Gunakan pembersih wajah yang efektif untuk mengangkat semua lapisan makeup, minyak, dan kotoran dari kulit. 

Pembersihan ganda (double cleansing) adalah metode yang sangat dianjurkan, di mana Anda menggunakan pembersih berbasis minyak terlebih dahulu untuk melarutkan makeup, kemudian diikuti dengan pembersih berbasis air untuk membersihkan sisa-sisa kotoran.

Selain membersihkan wajah, penting juga untuk rutin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar. Lakukan eksfoliasi satu hingga dua kali seminggu untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

BACA JUGA:Mengenal Aquaporin yang Baik untuk Skincare, Ini Manfaatnya

BACA JUGA:Waspada Memar Tanpa Sebab, Ini Penyebab & Cara Mengobatinya

3. Pilih Produk Makeup yang Tepat


ilustrasi memilih produk makeup yang tepat--freepik

Pemilihan produk makeup yang tepat juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Pilihlah produk yang non-komedogenik, yang artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori. 

Selain itu, hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Produk makeup berkualitas tinggi biasanya diformulasikan dengan bahan-bahan yang lebih aman untuk kulit, sehingga risiko kulit kusam bisa diminimalisir.

Menggunakan makeup tebal tidak serta merta menyebabkan kulit wajah menjadi kusam, asalkan Anda menerapkan rutinitas pembersihan dan perawatan kulit yang baik. 

BACA JUGA:Sederet Makanan yang Sering Memicu Penyakit Jantung

BACA JUGA:Paduan Teh Hijau dan Mint: Kesejukan dan Khasiat dalam Satu Cangkir

Penting untuk membersihkan wajah dengan benar setiap kali selesai menggunakan makeup dan melakukan perawatan kulit secara rutin, seperti eksfoliasi dan hidrasi, untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Dengan perawatan yang tepat, Anda bisa menikmati tampilan makeup tebal tanpa harus khawatir kulit menjadi kusam.

Sumber: