Resep Chiffon Cake Pandan: Teksturnya Lembut Gak Bikin Seret

Resep Chiffon Cake Pandan: Teksturnya Lembut Gak Bikin Seret

Chiffon Cake Pandan--freepik

- 1/4 sendok teh cream of tartar (opsional, untuk stabilitas putih telur)

Cara Membuat:

Persiapan: Panaskan oven pada suhu 160°C (320°F). Siapkan loyang chiffon berukuran 22 cm, dan jangan dioles atau dialasi kertas roti.

Campur Bahan Kuning Telur: Dalam mangkuk besar, kocok kuning telur dengan 100 gram gula pasir hingga mengental dan berwarna pucat. Tambahkan minyak sayur, air pandan suji, dan pasta pandan, aduk rata.

Gabungkan Bahan Kering: Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam campuran kuning telur. Aduk hingga rata dan tidak ada gumpalan tepung.

Kocok Putih Telur: Dalam mangkuk bersih dan kering, kocok putih telur dengan cream of tartar hingga berbusa. Tambahkan sisa gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga mencapai puncak kaku.

BACA JUGA:5 Tips Kuat Fisik Saat Lomba PBB dalam Perayaan Hut RI Kemerdekaan

BACA JUGA:ZTE Nubia Red Magic 9S Pro: Handphone Flagship dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 3, Ini Harganya

Campur Adonan: Ambil sepertiga dari adonan putih telur dan campurkan dengan adonan kuning telur untuk mengencerkan. 

Setelah rata, lipat sisa putih telur ke dalam adonan kuning telur dengan lembut menggunakan spatula, hingga tercampur rata tanpa merusak gelembung udara.

Panggang: Tuang adonan ke dalam loyang chiffon tanpa mengoleskan apapun. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan selama 45-50 menit atau hingga cake matang dan berwarna keemasan. 

Tes kematangan dengan tusuk gigi, jika keluar bersih, cake sudah matang.

Dinginkan: Setelah matang, balikkan loyang dan biarkan cake dingin terbalik dalam posisi ini selama sekitar 1 jam. Ini akan mencegah cake dari menyusut dan memastikan tekstur yang lembut.

Sumber: