Resep Simpel Ikan Panggang Santen, Rasa Nikmat Bikin Laper Terus

Resep Simpel Ikan Panggang Santen, Rasa Nikmat Bikin Laper Terus

ilustrasi masakan santan ikan panggang--Yt @Dapur tomat ceri

3 buah cabai merah besar (sesuaikan dengan selera pedas)

1/2 sendok teh ketumbar bubuk

Langkah-Langkah:

Persiapan Ikan

Lumuri ikan yang sudah dibersihkan dengan air asam jawa dan sedikit garam. Diamkan selama 15-20 menit agar bumbu meresap ke dalam ikan. Setelah itu, bilas ikan dengan air bersih dan tiriskan.

Membuat Bumbu Santan

Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus bersama serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum dan matang. Masukkan santan kental ke dalam tumisan bumbu, aduk perlahan agar santan tidak pecah. Tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk (jika digunakan). Masak hingga santan mendidih dan bumbu meresap. Angkat dan sisihkan.

Memanggang Ikan

Panaskan panggangan atau wajan grill, olesi sedikit minyak agar ikan tidak lengket. Panggang ikan di atas api sedang hingga matang dan kulitnya sedikit kecokelatan, balik sesekali agar matang merata. Setelah ikan matang, angkat dari panggangan.

BACA JUGA:Cara Buat Kue Ulang Tahun dari Buah: Inovasi Unik dan Mudah Dibuat

BACA JUGA:Resep Nasi Goreng Jawa: Cuma Gunakan 3 Bahan Mudah

Menghidangkan

Letakkan ikan panggang di atas piring saji, lalu siram dengan bumbu santan yang sudah dimasak tadi. Biarkan bumbu santan meresap ke dalam ikan selama beberapa menit sebelum disajikan. Ikan panggang santen siap dinikmati dengan nasi hangat.

Rasa gurih dari santan yang berpadu dengan bumbu rempah serta daging ikan yang lembut menciptakan cita rasa yang kaya dan menggugah selera. Resep simpel ini sangat cocok untuk disajikan sebagai hidangan utama di rumah. Nikmati ikan panggang santen ini bersama keluarga, dan bersiaplah untuk laper terus karena kelezatannya!

BACA JUGA:Resep Tahu Tumis Tauco: Ide Lauk Makan Malam yang Praktis

Sumber: