Resep Bikin Donat Mengembang Mudah dengan Berbagai Topping

Resep Bikin Donat Mengembang Mudah dengan Berbagai Topping

donat gula ngembang--sajiansedap.grid.id


donat coklat ngembang--sajiansedap.grid.id

BACA JUGA:Resep Bolu Pisang Kurma untuk Teman di Setiap Suasana

BACA JUGA:Resep Tumis Kangkung yang Gurih dan Lezat, Cocok untuk Makan Siang

Cara Membuat:

Aktivasi Ragi: Campurkan ragi dengan sedikit susu cair hangat dan 1 sendok teh gula pasir. Diamkan selama 5-10 menit hingga berbuih.

Campur Bahan Kering: Dalam wadah besar, campurkan tepung terigu dan gula pasir. Buat lubang di tengah campuran tepung, kemudian masukkan telur dan ragi yang telah diaktifkan.

Uleni Adonan: Tuangkan susu cair hangat sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan mulai kalis. Tambahkan margarin atau mentega dan garam. Uleni kembali hingga adonan benar-benar elastis dan tidak lengket di tangan.

Proses Fermentasi: Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.

BACA JUGA:Resep Tumis Pare Anti Pahit, Begini Rahasianya!

BACA JUGA:Resep Puding Roti Tawar Lapis Cokelat yang Lembut dan Nikmat

Bentuk Donat: Setelah mengembang, kempiskan adonan, lalu bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Diamkan lagi selama 15 menit.

Goreng Donat: Panaskan minyak dalam jumlah banyak. Goreng donat hingga berwarna kuning keemasan di kedua sisi. Angkat dan tiriskan.

Ide Topping:

Gula Halus: Setelah donat dingin, gulingkan donat dalam gula halus hingga seluruh permukaannya tertutup. Ini adalah pilihan klasik yang selalu jadi favorit.

Cokelat Leleh: Celupkan salah satu sisi donat ke dalam cokelat leleh, lalu taburi dengan meses atau kacang cincang.

Sumber: