Panglima TNI Agus Subiyanto Resmi Dilantik, Ini Pesan Jokowi

Panglima TNI Agus Subiyanto Resmi Dilantik, Ini Pesan Jokowi

Presiden RI Jokowi Melantik Panglima TNI Agus Subiyantos --

Silampari TV - Agus Subiyanto diangkat menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Pensiunan Judo Margono.

Kebetulan, sebelum diangkat menjadi Panglima TNI, Ia menjabat sebagai Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia (KSAD).

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu 22 November 2023. 

Pelantikan Agus Subiyanto dilantik langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sekaligus sumpah jabaan Jnederal TNI Agus Subiyanti sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI).

BACA JUGA:Stok BBM Habis, Warga Gaza Terpaksa Kembali ke Zaman Kuno

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan, dilansir dari presidenri.go.id.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” tambah Presiden. 

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Agus saat mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden, dilansir dari setkab.go.id.

Setelah mengucapkan sumpah jabatan, selanjutnya melakukan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah Panglima TNI.

BACA JUGA:Mengulik Sejarah Hamas, Kita Harus Tau

Sebelumnya dalam Rapat Paripurna, Selasa 21 November 2023, DPR RI telah menyetujui pencalonan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

Agus menggantikan pendahulunya Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Melansir  dari tempo.co, sebelum menjadi Panglima TNI, Agus Subiyanto pernah menduduki posisi strategis selama karirnya.

Pria jebolan Infanteri Akademi Militer tahun 1991 ini disebut-sebut pernah menjadi Komandan Kodim 0735/Surakarta pada tahun 2009. Saat itu, Jokowi menjabat Wali Kota Solo.

Sumber: