Ini Waktu Ideal Flushing Oli Mesin, Pemilik Mobil Wajib Tahu!

Ini Waktu Ideal Flushing Oli Mesin, Pemilik Mobil Wajib Tahu!

waktu ideal flushing oli mesin mobil--wuling.id


ilustrasi flushing oli mesin mobil--gridoto.com

Waktu ideal untuk melakukan flushing oli mesin biasanya tergantung pada kondisi kendaraan dan kebiasaan berkendara. Berikut beberapa panduan umum yang bisa dijadikan acuan:

Setiap 30.000 – 40.000 Km

Flushing oli mesin biasanya disarankan setiap jarak tempuh 30.000 hingga 40.000 kilometer. Pada jarak ini, mesin sudah mulai mengumpulkan residu yang bisa mempengaruhi performa. Flushing dalam interval ini bisa memastikan mesin tetap bersih dan oli baru bisa bekerja maksimal.

BACA JUGA:Kenapa Perawatan Vespa Matic Mahal? Berikut Alasannya

BACA JUGA:Lebih Bertenaga dari CRF150L, Ini Dia Motor Dual Purpose Baru Honda Mirip Megapro

Setelah Membeli Mobil Bekas

Jika kamu membeli mobil bekas, flushing oli mesin sebaiknya dilakukan segera. Karena kita tidak tahu bagaimana perawatan oli oleh pemilik sebelumnya, membersihkan mesin secara menyeluruh akan membantu memulai perawatan yang baik untuk mobil tersebut.

Jika Menggunakan Oli Berkualitas Rendah

Penggunaan oli berkualitas rendah bisa meninggalkan lebih banyak residu di dalam mesin. Jika mobil sering diisi dengan oli yang kualitasnya di bawah standar, maka sebaiknya flushing dilakukan lebih sering, misalnya setiap 20.000 – 30.000 kilometer.

BACA JUGA:Mirip Motor Custom, Cek Harga Kawasaki W175 Series Update September 2024

BACA JUGA:Bocoran Yamaha Aerox Baru: Apakah Akan Meluncur Tahun Ini?

Ketika Mesin Terasa Berat

Jika mesin mulai terasa berat atau tidak responsif, ini bisa menjadi tanda bahwa oli di dalam mesin sudah tercampur dengan kotoran. Flushing oli bisa menjadi solusi untuk mengembalikan performa mesin yang prima.

Manfaat Flushing Oli Mesin

Sumber: