Resep Sederhana Sayur Asem: Segar dan Mudah Dibuat

Resep Sederhana Sayur Asem: Segar dan Mudah Dibuat

resep mudah buat sayur asem--resep koki

BACA JUGA:Resep Sempol Ayam Tusuk Sate, Cara Buatnya Gampang dan Sederhana

Rebus air dan bumbu. Pertama-tama, rebus air dalam panci besar. Tambahkan bumbu halus, daun salam, dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Rebus hingga air mendidih dan bumbu meresap, sekitar 5 menit.

Masukkan sayuran keras terlebih dahulu. Setelah air mendidih, masukkan jagung manis dan melinjo, karena kedua bahan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk matang. Rebus hingga setengah matang, sekitar 10 menit.

Tambahkan sayuran lainnya. Setelah jagung dan melinjo setengah matang, tambahkan labu siam, kacang panjang, dan daun melinjo. Rebus hingga sayuran semuanya matang, sekitar 5-7 menit.

Tambahkan asam jawa dan tomat. Untuk memberikan rasa asam yang khas, tambahkan air asam jawa dan potongan tomat ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

BACA JUGA:3 Resep Kreasi Brokoli Mudah Dibuat, Bisa Jadi Sayuran Sampai Camilan Sehat

BACA JUGA:Resep Rendang Daging Hitam Pekat, Lezatnya Bikin Selera Makan

Bumbui dan koreksi rasa. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Rasa sayur asem yang ideal adalah perpaduan antara asam, manis, dan sedikit gurih. Koreksi rasa sesuai preferensi Anda.

Sajikan hangat. Setelah semua sayuran matang dan bumbu meresap, sayur asem siap disajikan. Hidangkan dalam keadaan hangat, cocok disantap dengan nasi putih dan lauk sederhana seperti ikan goreng atau tempe.

Sayur asem ini sangat fleksibel dalam hal bahan. Anda bisa menambahkan terong, kacang tanah, atau labu kuning sesuai selera. Selain mudah dibuat, sayur asem juga sangat menyegarkan karena perpaduan rasa asam dari asam jawa dan segarnya berbagai sayuran.

Tips: Untuk mendapatkan rasa asam yang pas, Anda bisa menyesuaikan jumlah asam jawa sesuai selera. Jika suka asam yang lebih kuat, tambahkan sedikit lebih banyak air asam jawa atau bahkan irisan belimbing wuluh sebagai pengganti.

BACA JUGA:Resep Nugget Ayam Kampung Homemade

Sumber: