7 Makhluk Mitologi Di Pulau Jawa Yang Terkenal Seluruh Indonesia

7 Makhluk Mitologi Di Pulau Jawa Yang Terkenal Seluruh Indonesia

--

Silampari TV - Makhluk mitologis atau makhluk legenda adalah makhluk yang keberadaanya dituturkan dalam kisah-kisah mitologis, legenda maupun fabel. Makhluk tersebut juga terkait dengan folklor suatu suku.

Makhluk mitologis pada umumnya bersifat fantastis, baik bentuk maupun kemampuannya. Karena kisahnya merupakan mitos, maka keberadaannya dipercayai oleh masyarakat penganut mitologi bersangkutan.

Meski belum ada bukti kuat yang mendukung keberadaan makhluk mitologi, akan tetapi banyak yang mempercayainya. Bahkan, makhluk mitologi ini seringkali dikaitkan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Di Pulau Jawa, ada banyak sekali makhluk mitologi sebagai wujud kearifan lokal masyarakat setempat. Berikut ini deretan makhluk mitologi yang populer di kalangan masyarakat Jawa.

BACA JUGA:Hantu Anti Mainstream Yang Menjadi Mitos Masyarakat Jawa

1. Nyi Roro Kidul


--ilustrasi Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul atau Sri Gusti Kanjeng Ratu Kidul merupakan makhluk mitologi yang dipercaya sebagai penguasa Pantai Laut Selatan. Salah satu pepatihnya yang banyak dikenal masyarakat Jawa adalah Nyi Roro Kidul.

Sultan Hamengkubowono IX menggambarkan sosoknya yang dapat berubah wujud dan penampilan. Masyarakat setempat mempercayai kemunculan makhluk ini menandakan akan adanya peristiwa penting di masa mendatang.

2. Babi Ngepet


--ilustrasi gambar Babi Ngepet

Babi Ngepet merupakan makhluk mitologi menyerupai siluman babi yang menghuni wilayah pegunungan. Makhluk ini seringkali dikaitkan dengan pesugihan yang timbul dari budaya masyarakat agraris.

Mayoritas petani tak dapat memperoleh kekayaan tanpa memperluas lahan pertanian mereka. Sehingga berimbas pada perekonomian petani lainnya. Oleh karena itu, timbul kepercayaan mengenai babi ngepet yang dipercaya dapat mendatangkan kekayaan tanpa bekerja.

BACA JUGA:7 Wisata Angker di Indonesia, Kunjungi Jika Berani

Sumber: