Pelatihan Fisika Berbasis Game Digital Tingkatkan Literasi Energi Siswa bagi MGMP Fisika Kabupaten Musi Rawas

Pelatihan Fisika Berbasis Game Digital Tingkatkan Literasi Energi Siswa bagi MGMP Fisika Kabupaten Musi Rawas

Pelatihan Fisika Berbasis Game Digital Tingkatkan Literasi Energi Siswa bagi MGMP Fisika Kabupaten Musi Rawas--

SILAMPARITV.CO.IDMusi Rawas, Jum'at, 19 September 2024 - MGMP Fisika Kabupaten Musi Rawas mengadakan pelatihan bertema "Merancang Pembelajaran Fisika Berbasis Game Digital untuk Meningkatkan Literasi Energi Siswa" yang berlangsung di Hotel Amazing, Kota Lubuklinggau. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para guru fisika dalam memanfaatkan teknologi digital, khususnya game, untuk meningkatkan literasi energi di kalangan siswa.

Acara ini dihadiri oleh para anggota MGMP Fisika Kabupaten Musi Rawas serta narasumber utama, Dr. Muhamad Yusup, M.Pd., yang juga merupakan pakar dalam pembelajaran berbasis digital. Selain itu, hadir pula Ketua MGMP Fisika Kabupaten Musi Rawas, Indramaya, yang memberikan sambutan dan turut mendukung keberhasilan kegiatan ini.


narasumber utama, Dr. Muhamad Yusup, M.Pd., yang juga merupakan pakar dalam pembelajaran berbasis digital--Silampari TV

BACA JUGA:Sosialisasi Peningkatan Kompetensi dan Program Integrasi Layanan Primer (ILP) di Kecamatan Tugumulyo

BACA JUGA:Breaking News! Sosok Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Irigasi Persawahan Tugumulyo Musi Rawas

Dalam sesi pelatihan, Dr. Muhamad Yusup memberikan pemaparan menarik mengenai tutorial penggunaan game SimCity dalam pembelajaran fisika. Game ini digunakan sebagai alat bantu mengajarkan konsep energi secara interaktif kepada siswa, sehingga mereka lebih mudah memahami materi kompleks seperti konversi energi, keberlanjutan, dan efisiensi energi.

Selain itu, peserta juga dibekali dengan materi tentang modul berbasis Game Based Learning yang diharapkan mampu memberikan variasi dalam metode pembelajaran fisika. Modul ini dirancang agar siswa tidak hanya belajar secara pasif, tetapi juga aktif mengeksplorasi konsep-konsep fisika melalui permainan digital yang mendidik.

"Tema pelatihan merancang pembelajaran fisika berbasis game digital, tingkatkan literasi energi siswa sma. Bagi Mgmp Fisika Kabupaten Musi Rawas alhamdulilah semua berjalan dengan lancar dan juga antusias nya luar biasa dari teman teman Mgmp Fisika Musi Rawas," ungkap Yusup.

BACA JUGA:Bupati Musi Rawas bersama Ketua TP PKK ikuti Senam Gerakan Sumsel Bugar Tahun 2024 di Danau Aur

BACA JUGA:Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud Tepati Janji Program Unggulan Satu Desa Satu Ambulance

" Diharapkan dalam pelatihan ini penggunan KIP digital ini dalam konteks kurikulum merdeka dapat menjadi proyek yang bisa nanti nya membangun kreatifitas berfikir siswa," tambahnya.

Acara ini juga menghadirkan sesi diskusi dan tanya jawab, di mana para guru berkesempatan untuk bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dalam menerapkan pembelajaran berbasis game di kelas masing-masing. 

Semua peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan dan berharap metode ini dapat meningkatkan minat belajar siswa, terutama dalam literasi energi.

Sumber: