Terapkan 7 Tips Ini Agar Bicaramu Lancar di Depan Umum

Terapkan 7 Tips Ini Agar Bicaramu Lancar di Depan Umum

tips lancar public speaking di depan umum--freepik

2.Latihan terus menerus


ilustrasi public speaking--freepik

Teruslah berlatih, karena tidak ada yang mengalahkan kerja keras, dedikasi, dan latihan untuk melihat seberapa jauh kemajuan anda. Saat mempersiapkan presentasi, dengarkan apa yang anda katakan.

 Dengan melakukan ini secara rutin, anda akan dapat menemukan kesalahan atau kelemahan apa pun pada sumber daya yang disiapkan. Selain itu, olahraga juga bisa membantu anda merasa lebih percaya diri dan percaya diri, terutama bagi mereka yang mudah terintimidasi jika berdiri di depan anda.

3.Rekam dirimu sendiri

BACA JUGA:6 Sikap Ini yang Membuatmu Dijauhi Orang Sekitarmu

BACA JUGA:Hidup Bahagia Walaupun Hanya Dengan Teman Sedikit, Emang Bisa? Simak di Sini!

Saat Anda berlatih, cobalah merekam diri anda dalam video atau audio. Ya, menulisnya sendiri memang agak aneh, tapi itu sangat membantu. Dengan mencatat setiap langkah, anda dapat mengevaluasi sendiri kesalahan anda untuk memperbaiki langkah selanjutnya. 

Atau anda dapat meminta orang lain mengevaluasi anda untuk memeriksa nada bahasa tubuh, suara, pernapasan, dan postur tubuh anda saat berbicara atau melakukan presentasi.Berdasarkan kesalahan atau kelemahan, anda dapat menilai area mana yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan di masa depan.

4.Persiapkan materi presentasi dengan baik

Penting untuk diingat bahwa akan lebih baik dan profesional jika anda tidak dapat membaca detail kecil saat anda berbicara. Karena catatan telah menjadi kebiasaan yang Anda bawa dan baca selama pertunjukan atau presentasi, jumlahnya sedikit dan jarang. 

BACA JUGA:10 Prilaku yang Ditunjukan Oleh Orang yang Suka Cari Muka, Menurut Psikologi

BACA JUGA:4 Alasan Kenapa Jendela Pesawat Harus Dibuka Saat Take Off dan Landing

Menurut College of the Pacific, membuat catatan adalah cara yang baik untuk menyelamatkan diri anda dari ucapan yang tidak jelas. Kemungkinan keluar jalur atau melupakan sesuatu dapat diminimalisir dengan catatan yang baik.

Oleh karena itu, aturlah catatan anda sesuai waktunya, tanpa menuliskan semua detail perkuliahan. Berikut beberapa hal yang dapat anda tuliskan dalam catatan anda: tema, tema presentasi, gagasan pokok presentasi, pokok bahasan yang akan anda bahas. Anda juga dapat menuliskan bagian-bagian yang sulit anda ingat atau lupakan.

Sumber: