Tanpa Oven! Resep Bolu Kukus Vanila, Lembut dan Wangi

Tanpa Oven! Resep Bolu Kukus Vanila, Lembut dan Wangi

resep buat bolu kukus vanila tanpa oven--cookpad

1/2 sendok teh garam

BACA JUGA:Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning Tanpa Santan: Hidangan Lezat Rendah Kalori

BACA JUGA:Resep Pisang Goreng Topping Keju Meses yang Mudah dan Simpel

Cara Membuat:


bolu kuku vanila topping keju--cookpad

Persiapan Bahan: Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Ayak tepung terigu bersama dengan baking powder dan garam agar adonan lebih halus dan tidak menggumpal.

Kocok Telur dan Gula: Dalam wadah besar, kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang, putih, dan berjejak. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 5-7 menit.

Tambahkan Vanila dan Minyak: Setelah adonan telur mengembang, masukkan vanila cair dan minyak sayur secara perlahan sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah. Pastikan minyak tercampur merata.

BACA JUGA:Resep Ayam Goreng Mentega: Lauk Gurih dan Manis untuk Akhir Pekan

BACA JUGA:Resep Pentol Ayam Kriwil: Cemilan Gurih yang Cocok untuk Lauk Bekal Sekolah dan Kantor

Masukkan Tepung dan Susu: Turunkan kecepatan mixer, lalu masukkan campuran tepung terigu secara bergantian dengan susu cair. Mulailah dengan tepung dan akhiri dengan susu. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.

Siapkan Loyang dan Kukusan: Olesi loyang dengan minyak atau lapisi dengan kertas roti agar bolu tidak lengket. Panaskan kukusan dengan api sedang, pastikan air dalam kukusan cukup banyak dan sudah mendidih sebelum adonan masuk.

Tuang Adonan dan Kukus: Tuang adonan ke dalam loyang, kemudian masukkan loyang ke dalam kukusan yang sudah panas. Kukus bolu selama 30-40 menit dengan tutup kukusan yang dibungkus kain bersih agar uap air tidak jatuh ke permukaan bolu.

BACA JUGA:Resep Tumis Buncis Berbumbu Sederhana yang Murah Enak

BACA JUGA:3 Resep Apem Terigu 1 Kg yang Lembut dan Anti Bantet, Wajib Coba!

Sumber: