UNESCO Resmi Tetapkan Budaya Sehat Jamu Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia

UNESCO Resmi Tetapkan Budaya Sehat Jamu Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia

UNESCO Resmi Tetapkan Budaya Sehat Jamu Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia--

SILAMPARITV.CO.ID - UNESCO Resmi Tetapkan Budaya Sehat Jamu Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Budaya Sehat Jamu ditetapkan sebagai Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity oleh UNESCO pada sidang sesi ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kasane, Republik Botswana (12/6).

Dikutip dari kemdikbud.go.id Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan kegembiraan dan rasa bangga atas diakuinya Budaya Sehat Jamu oleh UNESCO.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada UNESCO yang telah menetapkan jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda. Penetapan ini akan memperkuat upaya Indonesia untuk melindungi dan mengembangkan jamu sebagai warisan budaya, serta berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan global,” kata Mendikbudristek.

Nadiem juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak atas upaya pelestarian jamu sebagai untuk kesehatan.

BACA JUGA:Camat Selangit Bersama Korban Pembegalan Bersilaturahmi dengan Kapolsek STL Ulu Trawas

"Terima kasih kepada seluruh pendukung budaya sehat jamu baik di dalam negeri maupun luar negeri, produsen, para peramu dan peracik, penjual, peneliti, komunitas, pengusaha, serta penikmat khasiat jamu yang telah bersama-sama menghidupkan ekosistem budaya kesehatan jamu seperti saat ini," tuturnya.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, menjelaskan bahwa jamu merupakan ramuan obat tradisional asli Indonesia yang dibuat dari bahan-bahan alami untuk pencegahan, pengobatan, pemulihan, dan pemeliharaan kesehatan dan kecantikan. 

Jamu adalah salah satu warisan ilmu pengetahuan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang sudah disebutkan dalam relief, primbon, prasasti, dan kitab-kitab lama Nusantara.

Budaya Sehat Jamu menjadi WBTB Indonesia ke tiga belas yang berhasil diinskripsi ke dalam daftar WBTB UNESCO. 

BACA JUGA:Keindahan Destinasi Danau Gegas, Bisa Menjadi Wisata Liburan

Sebelumnya, Indonesia telah berhasil mencatatkan 12 Warisan Budaya Takbenda Dunia UNESCO, yaitu Wayang (2008), Keris (2008), Batik (2009), Pendidikan dan Pelatihan Membatik (2009), Angklung (2010), Tari Saman (2011), Noken (2012), Tiga Genre Tari Bali (2015), Kapal Pinisi (2017), Tradisi Pencak Silat (2019), Pantun (2020), dan Gamelan (2021).

Sumber: